Petrokimia Gresik Raih Posisi Runner Up di Ajang BUMN Akhlak Award

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Jakarta – Dalam pengimplementasian AKHLAK di lingkup BUMN se Indonesia, Petrokimia Gresik berhasil menyabet posisi Runner Up untuk indeks implementasi ADAPTIF terbaik. Raiahan itu didapat melalui kategori anak perusahaan BUMN dalam ajang AKHLAK Award 2021 yang diadakan secara daring oleh @actforhumanity dan @kementerianBUMN pada Kamis (15/07/2021).

BACA JUGA :  Diundang Tasyakuran, Pj Bupati Sidoarjo Ternyata Dapat Hadiah

 

Penghargaan ini dinilai berdasarkan Survey ACHI (AKHLAK Culture Health Index),Sahabat. PT Petrokimia Gresik berhasil mengimplementasikan nilai-nilai AKHLAK, utamanya ADAPTIF dan mendapatkan skor Tertinggi Kedua pada indeks implementasi kategori Anper BUMN.

“Tentunya apresiasi ini tidak akan membuat Petrokimia Gresik puas sampai sini aja, ya, Sahabat! Sebaliknya, prestasi ini akan menjadi motivasi untuk memberikan yang lebih baik lagi agar Petrokimia Gresik semakin terdepan dan ber-AKHLAK sebagai perusahaan solusi agroindustri,”kata Awang Johar, VP Comunication PT Petrokimia Gresik.

Dalam sambutannya pada awal acara, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan pentingnya nilai inti AKHLAK untuk dimiliki seluruh insan BUMN agar seluruh perusahaan milik negara bisa adaptif, naik kelas, dan mampu berkompetisi pada skala global. AKHLAK yang merupakan akronim dari kata Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, telah ditetapkan sebagai nilai dasar (core values) yang harus dimiliki seluruh BUMN sejak 1 Juli 2020.

“Kita perlu transformasi menyeluruh, tidak hanya model bisnis dan operasionalnya, tapi juga transformasi human capitalnya,” kata Menteri BUMN.

Dijelaskan, satu tahun sudah keluarga BUMN, baik di Kementerian, Induk BUMN, maupun anggota grup BUMN disatukan oleh satu visi yang sama. Yakni  BUMN untuk Indonesia, dengan nilai-nilai yang sama sebagai core values, yaitu AKHLAK.

Misi dan nilai-nilai tersebut adalah bagian dari upaya transformasi menyeluruh di BUMN yang juga jadi arah dan pijakan tiap langkah kita untuk naik kelas, berkompetisi, dan tentunya kita harus kompetisi secara global. “AKHLAK juga jadi pijakan agar kita bisa adaptif, keluar dari comfort zone dan meninggalkan mindset BUMN akan selalu diselamatkan kalau berkinerja buruk atau berkasus,” ujar Erick Thohir. (ris)