Peternak Ponorogo Gelar Bazar Sambil Edukasi Warga di Tengah Anjloknya Harga Telur

Reporter : Fauzy Ahmad-klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Ponorogo–Peternak ayam petelur menggelar bazar di depan kantor DPRD Ponorogo. Mereka tergabung dalam Assosiasi Peternakan Ayam Petelur.

BACA JUGA :  Ini Tiga Titik Penyekatan Larangan Mudik di Bojonegoro

Bazar dilakukan dengan cara menjual telur hasil ternak mereka sendiri. Tujuan bazar ini untuk mengedukasi warga bagaimana memilih telur berkualitas. Sebab, kualitas telur juga sebanding dengan harga.

“Bazar kali ini sebagai cara untuk mengedukasi warga bagaimana membeli telur yang berkualitas baik,” kata Ketua Assosiasi Peternak Ayam Petelur Ponorogo, Eny Kustianingsih, Minggu (26/9/2021).

Menurut Eny, kualitas telur dari peternak ayam asli Ponorogo berbeda dengan telur yang dikirim dari daerah lain. Eny mengklaim, telur dari peternak Ponorogo memiliki kualitas grade A.

“Dirinya telur memiliki cangkang tebaltebal dan halus, tidak mudah pecah. Juga mampu bertahan sebulan sampai dua bulan,” katanya.

Menurut Eny, dibandingkan telur dari luar daerah, misalnya dari Blitar. Dia berani beradu kualitas.

“Telur dari Blitar dijual dengan harga Rp 14 ribu/kg. Kualitasnya bisa diadu,” ujarnya.

Dengan bazar kali ini, lanjut Eny, peternak bisa memberikan pengetahuan kepada pembeli bagaimana memilih telur berkualitas. Dengan begitu, harga telur bisa stabil.

“Sekarang sudah sampai di harga Rp 17 ribu, sebelumnya kan sempat Rp 14 ribu,” tambahnya.

Peternak lainnya, Ahmad mengatakan, bazar ini cukup efektif mengedukasi warga. Harapannya, harga telur ke depan bisa stabil.

“Bazar digelar selama tiga hari,” katanya.(mkr)