Persiapan Piala Dunia U-20, Stadion GBT Ganti Rumput

Reporter : Arifin - klikjatim.com

Tampak aktivitas pembenahan di Stadion GBT. (ist)

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Pemkot Surabaya terus melakukan pembenahan stadion Gelora Bung Tomo (GBT) untuk persiapan Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 mendatang. Salah satunya terkait peningkatan kualitas rumput.

Dan, saat ini Pemkot Surabaya sedang melakukan pengupasan rumput lama stadion. Pasalnya rumput baru standar FIFA akan segera tiba di Kota Surabaya dalam hitungan hari.

BACA JUGA :  Ahli Penyakit Infeksi Unand Bantu Tingkatkam Kapastias Labkesda Surabaya

Kabid Bangunan Gedung pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya, Iman Krestian menuturkan, rumput yang bakal ditanam di salah satu stadion kebanggaan arek-arek Suroboyo itu merupakan produk lokal. Namun kualitasnya sudah sesuai ketetapan induk organisasi sepak bola dunia.

“10 hari lagi rumput akan didatangkan dari Tangerang untuk ditanam di GBT. Ini rumput lokal yang sudah diakui internasional dan sudah standar FIFA,” kata Iman saat memantau pengupasan rumput GBT, Jumat (7/8/2020).

BACA JUGA :  Konsolidasi Kader, dr Alif Melantik 12 PAC Gerindra Gresik

Meski begitu, Iman melanjutkan, pihaknya bakal menggandeng Institute Pertanian Bogor (IPB) untuk melakukan morfologi tes (uji lab) perihal rumput yang akan ditanam. Tujuannya untuk memastikan bahwa vegetasi rumput sudah benar sesuai standar FIFA.

“Jika hasil tesnya nanti tidak sesuai standar FIFA, maka kita tidak akan bayar. Kami juga akan minta pihak ketiga untuk mengganti rumput tersebut,” tandasnya. (nul)