Perbaikan Dinding Gedung Pemkab Bojonegoro Digelontor Rp 6,6 M, Bahan Bakunya Impor dari Luar Negeri

Reporter : M Nur Afifullah - klikjatim.com

Dinding gedung Pemkab Bojonegoro yang akan diperbaiki setelah diterjang puting beliung pada 201 lalu.

KLIKJATIM.Com | Bojonegoro—Perbaikan dinding gedung Pemkab Bojonegoro mulai dikerjakan. Anggaran yang digelontorkan untuk perbaikan tersebut mencapai Rp 6,6 miliar. Tender pekerjaan ini dimenangkan PT Indokon Raya dari Sidoarjo.

BACA JUGA :  Mau Konsultasi Dokter, Begini Tata Caranya Bagi Peserta JKN-KIS

“Dinding samping Pemkab Bojonegoro saat ini sudah mulai dikerjakan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Tata Bangunan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Bojonegoro, Benny Kuniawan, Rabu (28/07/2021).

Benny mengatakan, perbaikan dinding gedung ini ditargetkan tuntas pada Desember 2021. Hal tersebut mengingat bulan November dan Desember sudah memasuki musim penghujan. 

Menurutnya, diperkirakan yang akan memakan waktu lama pengerjaan ini adalah pada bagian pemasangan bahan baku. Sebab, sebagian besar bahan baku yang dibutuhkan berasal dari luar negeri alias impor.

“Proses impor itu yang membuat pengerjaan sedikit lebih lama, beda kalau tinggal pasang kan lebih cepat,” ujarnya.

Dikatakan, anggaran perbaikan dinding gedung yang juga ditempati sebagai kantor bupati ini dipaok sebesar Rp 6,9 Milyar. Setelah dilakukan proses tender dan dimenangkan oleh PT Indokon Raya dan konsultan pelaksana dimenangkan CV Cahaya Akbar Consultants, akhirnya diteken kontrak pengerjaan tersebut senilai Rp 6,6 miliar.

Terpisah, pelaksana dari PT Indokon Raya, Sukron mengaku, untuk rehabilitasi gedung Pemkab Bojonegoro sesuai dengan kontrak adalah selama 180 hari kalender atau selama 6 bulan. Pihaknya menargetkan selesai 4 bulan atau selesai pada akhir bulan Oktober tahun ini.

Dalam pelaksanaan, Sukron memberikan penekanan terutama pada keselamatan terhadap tenaga kerja dan keselamatan para pegawai yang menempati gedung Pemkab Bojonegoro.

“Kita juga menerapkan lembur kerja pada hari Sabtu dan Minggu karena pada hari itu tidak ada aktivitas pegawai pemkab di lokasi,” pungkasnya.

Diketahui, kerusakan pada dinding gedung Pemkab Bojonegoro itu akibat diterpa angin puting beliung pada 2019 lalu. Perbaikan pada dinding dilakukan secara menyeluruh di semua sisi gedung. (mkr)