Pengurus Serikat Buruh di Sidoarjo Diberi Bimbingan Teknis di Hotel, Ternyata Ini Tujuannya

Reporter : Catur Rini - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Sidoarjo – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sidoarjo mengumpulkan para pengurus serikat buruh di daerah setempat. Mereka dari perwakilan beberapa organisasi seperti Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Saburmusi), maupun Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) telah diajak bermalam selama 2 hari di salah satu hotel wilayah Prigen, Pasuruan, untuk mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan SDM bagi pengurus DPC Serikat Pekerja atau Serikat Buruh sejak Rabu (2/12/2020) kemarin.

BACA JUGA :  Rumah Seniman Sidoarjo Terbakar Akibat Korsleting

Dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono ini juga dihadiri Ketua Konfederasi SPSI Jawa Timur, Achmad Fauzi; Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo, Ainul Kholid; dan Kadisnaker Sidoarjo, Feny Apridawati.

Pj Bupati Hudiyono dalam sambutannya mengatakan, kegiatan strategis seperti ini harus diakomodir. Selain menjadi ajang silaturahmi juga untuk meningkatkan SDM. Dan melalui kegiatan seperti ini juga akan muncul kesepahaman bersama antara pemerintah dengan pekerja. Dengan begitu, permasalahan yang akan timbul nantinya dapat diselesaikan bersama.

Bahkan, Hudiyono menyarankan kegiatan seperti ini agar sering dilakukan. Tujuannya untuk menghindari stagnan informasi maupun disparitas informasi antara pemerintah dengan serikat pekerja.

Lebih jauh lagi dijelaskan, ada sekitar 40 persen jenjang pendidikan pekerja dari lulusan SD dan SMP. Namun secara teknis mereka sudah luar biasa dalam menjalankan pekerjaannya. Malahan bisa dikatakan pekerja lulusan SD maupun SMP tersebut dapat disetarakan dengan lulusan SMA.

Kendati demikian, tapi pihaknya tetap meminta kepada para pekerja untuk dapat melakukan penyetaraan pendidikan. “Kalau ada buruh yang lulusan SD maupun SMP kemudian kompetensinya, teknisnya sudah tingkat tinggi harusnya sudah mendapatkan kesetaraan ijazah SMA atau S1, bisa itu,” ucapnya.

Ke depan diharapkan, para pekerja dapat terus meningkatkan kompetensinya. Dengan begitu adaptasi ilmu maupun teknologi juga bisa dikuasai para pekerja. 

Kadisnaker Sidoarjo, Feny Apridawati menambahkan, kegiatan kali ini diikuti 25 organisasi buruh dengan jumlah peserta yang hadir sekitar 100 orang. Selain ajang silaturahmi, pertemuan tersbeut juga bertujuan untuk mengakomodir usulan serikat pekerja di Sidoarjo.

Dalam kesempatan ini pihaknya mengundang Direktur Pengupahan Kementerian Ketenagakerjaan RI, Dinar Titus Jogaswitani dan akademisi dari Unair Surabaya sebagai narasumber. Feny berharap melalui kegiatan ini informasi informasi ketenagakerjaan dapat digali melalui narasumber. (nul)