Pengrajin Sandal dan Sepatu Wedoro Minta Perhatian Kelana Apriliato – Dwi Astutik

Reporter : Satria Nugraha - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com I Sidoarjo – Pengrajin Usaha Mikro Kecil dab Menengah (UMKM) sepatu dan sandal di kawasan Wedoro, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo mendapat perhatian khusus dari Pasangan Calon Bupati – Wakil Bupati Sidoarjo nomor urut 3 Kelana Aprilianto – Dwi Astutik.

BACA JUGA :  Risma Imbau Warga Perumahan Elit Kembali Disiplin Protokol Kesehatan

Pasalnya, masa kejayaan kerajinan sepatu dan sandal saat ini terpuruk, terlebih pada masa pandemi seperti saat ini. “Gak turun lagi mas, penjualan kami seakan berhenti ditempat” ujar Wiwik salah satu pemilik toko dan produsen sandal di Wedoro.

Wiwik mengatakan, saat ini di  Wedoro sudah sepi pembeli, tidak nampak banyak toko sandal dan sepatu yang melakukan aktifitas jual beli.

“Kalau dulu banyak, ada ratusan toko. Sekarang hanya tinggal sekitar 10 hingga 20 toko saja yang masih bertahan, itupun dengan modal yang sudah mulai menipis,” sambung Wiwik.

Sejak tahun 2018 lalu, perajin sepatu di Wedoro banyak yang beralih menjadi perajin sandal lagi karena masih memiliki peluang pasar. ” Kalau kita bikin sepatu, kita kalah mas dengan sepatu-sepatu produk Cina yang dijual disini dengan harga kulak yang lebih murah,” ujar Baidrus, pedagang dan perajin lainnya.

Ditemui di posko pemenangan perumahan Pondok Mutiara, Selasa (24/11/20) Calon Wakil Bupati Sidoarjo Dwi Astutik mengatakan, jika diamanati menjadi pemimpin Sidoarjo nanti, sektor ekonomi di Sidoarjo akan dikhtiarkan untuk lebih dikembangkan lagi.

“Pak Kelana dan saya akan berupaya, membangkitkan UMKM paska pandemi covid-19,” ujar Bunda Dwi.

Perbaikan SDM lewat pelatihan-pelatihan akan menjadi fokus pasangan BerKelas yang tentunya didukung dengan strategi digital marketing dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sudah terlatih yang diharapkan akan dapat memberikan efek perubahan untuk Sidoarjo menuju Sidoarjo yang lebih makmur. (bro)