Pengembangan Sektor Pertanian di Bawean Mulai Dilakukan dari Desa ke Desa

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Musa, Anggota DPRD Gresik dapil Bawean saat ngobrol bareng masyarakat Bawean. (Miftahul Faiz/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com ǀ Gresik – Upaya pengembangan sektor pertanian, khususnya di Pulau Bawean akan menjadi salah satu konsentrasi yang dicanangkan Anggota DPRD Gresik daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Sangkapura dan Tambak, Musa. Bahkan, komitmen itu dijadikan sebagai program prioritas yang mulai dirintis dari desa ke desa.

“Satu-satunya yang saya kembangkan dari kampung ke kampung untuk saat ini adalah pertanian,” ujar Musa, dalam acara santai bertajuk ngobrol bareng masyarakat Bawean di salah satu cafe di kawasan Gresik Kota, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA :  Anggota KRI Nanggala 402 yang Hilang Asal Bojonegoro, Istri Yakin Suami Selamat

Ada beberapa pertimbangan membidik pengembangan di sektor pertanian. Selain tujuan pemberdayaan masyarakat desa, juga untuk memanfaatkan lahan-lahan nganggur di Pulau Bawean. Karena lahan-lahan tersebut dinilai sangat produktif.

Sebagai langkah awal, pihaknya bersama kelompok relawan di Pulau Bawean sudah mulai action. Antara lainnya melakukan pengembangan tanaman cokelat, durian dan lada.

“Untuk lada lokasinya di Menara, Gunung Teguh, Sangkapura,” lanjutnya.

Musa berharap, di Bawean ada panen tanpa harus bergantung pada musim. Karena itu, upaya-upaya pengembangan akan terus digalakkan dari desa ke desa. Rencana bulan depan akan menanam di dua desa lainnya, yaitu Legundi dam Gelam.

“Mungkin nanti setiap desa diberikan 1000 bibit yang diakomodir setiap perwakilan desa,” imbuh Sekretaris DPD Partai Nasdem Gresik ini.

BACA JUGA :  Polres Gresik Sambang Korban Banjir, Datang Sambil Bawa Bantuan

Selain itu, Musa juga mengaku sudah berkoordinasi dengan kelompok nelayan di Bawean. Harapannya ke depan, mereka dapat memiliki penghasilan stabil dan bertambahnya hasil tangkapan ikan.

“Untuk program lain yang saya rencanakan, juga ada pengelolaan lingkungan, serta pemberdayaan UMKM. Nanti semua itu akan diproyeksikan dari Dusun ke Dusun, atau kampung ke kampung,” pungkas Musa, saat di hadapan beberapa perwakilan seperti Persatuan Saudagar Bawean (PSB), Komunitas Warga Bawean Gresik (KWBG) dan Forum Strategi Bawean.

Pantauan di lapangan, acara tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Gresik dapil Bawean dari fraksi Gerindra, Dawam. Nampak pula mantan Anggota Dewan periode 2014-2019, Subeki. (iz/nul)