Pengeboran Migas Milik Medco Ngebros, Warga Panik

Reporter : Abdus Syukur - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Bondowoso – Pengeboran minyak dan gas milik PT Medco Power Indonesia yang terletak di daerah Kawah Wurung, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, menyemburkan asap putih. Semburan asap yang terjadi sekitar pukul 09.30 itu menyebabkan masyarakat setempat menjadi panik.

BACA JUGA :  Lagi, Dokter PPDS Unair Meninggal Terpapar Covid

Menurut sejumlah saksi mata, sebelum menyemburkan asap, pengeboran terdengar suara gemuruh. diiringi dengan kepulan asap dan bau gas tak sedap. Diketahui titik suara berasal dari sumur bor PT Medco yang terletak di daerah Kawah Wurung.

Kejadian ini membuat warga di sekitar area Kawah Wurung, Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar Kecamatan Ijen berhamburan keluar rumah dan mengevakuasi diri ke Pos 2 PTPN Kebun Blawan (Posko Checkpoint Covid-19) Kalipait.

General Manager PT Medco Bondowoso, Wisnu Subroto tidak menampik muncunya semburan asap. Namun dia memastikan semburan asap itu merupakan sesuatu yang normal karena sedang dalam proses pengeboran untuk pencarian uap panas bumi.

“Semburan uap itu dalam proses pengeboran sesuatu yang normal terjadi. Memang biasanya kita mitigasi dengan alat pengeboran namanya blow out preventer (BOP), untuk memastikan supaya tidak ada semburan uap yang keluar,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya.

BACA JUGA :  Terapkan New Normal Kuncinya Disiplin Protokol Kesehatan

Menurutnya, semburan uap itu terjadi tadi pagi sekitar pukul 09.10 menit. Saat itu sedang diatasi oleh timnya. “Kami juga menganalisa semburannya karena apa dan kita lagi proses menutup semburan tersebut,” kata dia.

General manager PT Medco itu mengaku, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya orang-orang yang kepentingan saja untuk memperbaiki semburan tersebut di dalam lokasi, yang lainnya sudah ada di luar lapangan.
“Mudah-mudahan sore ini perbaikan sudah bisa selesai,” pungkasnya. (hen)