Penerbangan Garuda Surabaya-Hongkong Bakal Dorong Perdagangan Jatim Khususnya UMKM

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyambut baik sekaligus mendukung penuh layanan penerbangan khusus kargo maskapai Garuda Indonesia Airlines (GIA) untuk rute Surabaya-Hongkong.

BACA JUGA :  Asyik Mandi di Waduk Kakek di Balongpanggang Tenggelam 

Khofifah mengaku optimistis layanan penerbangan khusus kargo ini akan sangat membantu dan berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi Jatim. Rencananya, layanan penerbangan ini mulai beroperasi 6 Maret 2021 besok.

“Hal ini tentunya akan berkontribusi positif untuk membantu export kita ke Hongkong sekaligus meningkatkan daya saing produk kita,” ujar Khofifah, Jumat (5/3/2021).

Adanya rute penerbangan baru khusus kargo ini akan memberikan peluang bagi pelaku UMKM Jatim dalam melebarkan sayap usahanya hingga mancanegara.

Hal itu, lanjutnya, bisa dimulai dari Hongkong yang akan dimudahkan dengan adanya rute tersebut. “UMKM kita harus bisa melihat peluang dari dibukanya rute baru khusus kargo ini. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, market untuk penerbangan kargo tentunya lebih kuat dibandingkan dengan penerbangan penumpang,” jelasnya.

Penerbangan kargo rute Surabaya-Hongkong ini juga bagian dari upaya perluasan jaringan penerbangan kargo untuk mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional. Sehingga, sangat dimungkinkan untuk dapat membantu komoditas-komoditas unggulan nasional termasuk selain Jawa Timur bisa lebih berkembang di luar negeri.

“Tentunya juga berkontribusi bagi komoditas unggulan nasional dari provinsi lain, terutama yang berada di Indonesia bagian timur. Harapannya, dengan peluang tersebut bisa meningkatkan semangat yang lebih bagi pelaku UMKM kita untuk berkembang dan berdaya saing,” pungkasnya.

Perlu diketahui, GIA akan melayani penerbangan khusus kargo rute Surabaya-Hongkong dan akan terbang perdana mulai Sabtu (6/3/2021) pukul 06.00 WIB. Rute ini akan dilakukan sekali dalam sepekan yaitu tiap hari Sabtu, dengan estimasi kargo sebesar 30 ton untuk setiap penerbangan. Sedangkan untuk rute domestik Surabaya-Banjarmasin-Balikpapan dilakukan 3 sampai 6 kali setiap minggunya.

Sementara itu, untuk layanan penerbangan khusus kargo rute Surabaya-Hongkong komoditas utamanya adalah 70-80 persennya adalah household (barang2 UMKM, barang kulakan) dan umumnya milik tenaga kerja Indonesia di Hongkong. Selain itu ada juga live fish (ikan kerapu), fresh fish, gelembung ikan (perut ikan) untuk kosmetik serta barang-barang pabrikan seperti sepatu. (rtn)