Pemprov Jatim Apresiasi Sinergi PG Group Tangani Covid

Reporter : Muhammad Khoirur Rosyid - klikjatim.com

Wagub Jatim, Emil Dardak (tengah) Saat Kunjungan Kerja ke Rumah Sakit Petrokimia Gresik

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyamapaikan apresiasinya atas bantuan penanganan Covid-19 dari Petrokimia Gresik Group. Sinergi PT Petrokimia Gresik dan anak perusahaan dalam membantu penanganan Covid diharapkan tetap terjaga semangatnya.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak saat berkunjung ke RS Petrokimia Gresik, pekan lalu. Wagub Jatim Emil mengapresiasi sinergi PGM dan Petrokimia Gresik selaku Koordinator Satgas Tanggap Covid-19 BUMN Jatim dalam upaya bersama menangani kasus Covid-19 baik di Gresik maupun Jatim.

“Kami berharap agar seluruh pihak tetap menjaga semangatnya dalam memerangi Covid-19 sampai pandemi ini benar-benar berakhir,” kata Emil.

BACA JUGA :  Ada Peluang, Warga Wonoayu Produksi APD

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Keuangan, SDM & Umum Petrokimia Gresik, Dwi Ary Purnomo, juga menyampaikan apresiasi kepada PGM yang turut membantu Petrokimia Gresik dalam menjalankan tugas sebagai Koordinator Satgas Tanggap Covid-19 BUMN Jatim.
Hingga bulan Juni, lanjut Dwi, Satgas Covid-19 BUMN Jatim telah menyalurkan bantuan total sebesar Rp34,88 miliar melalui berbagai pihak dan kepada sejumlah elemen masyarakat. “Dari total bantuan tersebut, sebanyak Rp24,4 miliar atau 70 persen adalah kontribusi Petrokimia Gresik, dan 30 persen sisanya dari BUMN lain,” imbuhnya.

Bantuan tersebut terdiri dari obat-obatan, Alat Kesehatan atau APD, sembako, dan bantuan lainnya yang disalurkan kepada rumah sakit rujukan, puskesmas, pemerintah kabupaten/kota, pemerintah provinsi dan instansi/lembaga lainnya, serta diserahkan secara langsung kepada masyarakat Jatim.

Meskipun 33 dari 35 Posko Satgas BUMN Jatim telah ditutup pada 30 Juni lalu, Dwi memastikan Petrokimia Gresik tetap berkomitmen dan siap membantu pemerintah baik pusat maupun daerah untuk bersama-sama memerangi Covid-19 hingga pandemi ini berakhir. “Semoga apa yang telah kami lakukan dapat berkontribusi membantu ,” ujar Dwi.

BACA JUGA :  Kekeringan di Bondowoso Meluas Hingga 5 Kecamatan

Pada bagian lain Rumah Sakit Petrokimia Gresik (RSPG) bersama rumah sakit Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya di Jawa Timur (Jatim) menerima bantuan penanganan Covid-19 dari Kementerian BUMN melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir kepada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi Surabaya, Minggu (5/7).

Hadir menyaksikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Prof. Mohammad Mahfud MD, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, serta direktur Rumah Sakit BUMN di Jatim. Adapun bantuan yang diberikan adalah 10 ribu unit APD, 100 ribu lembar masker bedah, dan 100 ribu tablet Avigan, yakni obat antivirus buatan Jepang yang cara kerjanya menghalangi kemampuan virus untuk berkembang di dalam sel. Saat ini Avigan masih menjadi satu-satunya obat yang terbukti secara klinis membantu penyembuhan pasien Covid-19. (hen)