Pemkot Surabaya Mulai Persiapkan Sekolah Tatap Muka

Reporter : Ahmad Hilmi Nidhomudin - klikjatim.com

KLIKJATIM.com | Surabaya—Pembelajaran atau sekolah tatap muka di Surabaya mulai dipersiapkan Pemkot Surabaya. Beberapa sekolah sudah dilakukan uji assessment oleh Dinas Pendidikan.

BACA JUGA :  Pasangan QA Siapkan Kartu Petani Bangkit, Ini Kegunaanya

Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan, di antara yang dipersipkan yakni ketersediaan sarana dan prasana sesuai standar covid-19 hingga memastikan kesehatan tenaga pendidik atau guru.

Dikatakan dia, beberapa sekolah di lima wilayah di Surabaya sudah dilakukan uji assessment oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Hasilnya, dari 21 SMP Negeri dan Swasta di Surabaya yang akan dijadikan uji coba belajar tatap muka, hanya SMPN 1 Surabaya yang protokol kesehatannya dapat diterapkan.

“Di sana secara ruangan sudah oke, ventilasi terbuka, dan didukung wastafel kemudian kamar mandinya juga sudah ditata. Terutama jarak dan ventilasi udara, juga cahaya mataharinya,” kata Febri, Jumat (16/10/2020).

Febri juga mengatakan, Pemkot Surabaya tidak hanya mempersiapkan sarana dan prasarana sekolah, tetapi juga tenaga guru dan operasional di sekolah. Selain itu, Pemkot juga telah fasilitasi swab terhadap beberapa guru yang mengajar di Surabaya.

“Baru kemarin sejumlah 14226 guru SD yang sudah dilakukan swab, dan posisi yang aktif sudah sembuh. Sekarang kami fokuskan terhadap guru SMP. Sudah 700an yang dilaksanakan swab dari jumlah 7000 guru SMP negeri dan swasta,” tambahnya.

Kedepannya, Pemkot juga akan melakukan Swab kepada murid dan juga orang tua murid. Karena ketika murid-murid mengikuti belajar tatap muka, salah satu syaratnya adalah mendapat persetujuan dari orang tua.

“Di masa pandemik ini kan keyakinan orang tua berbeda-beda. Ini kami kembalikan ke orang tua. Kami tidak bisa memaksakan agar anaknya ikut belajar tatap muka,” pungkasnya. (mkr)