Pemkab Tulungagung Terima 25 Unit Coverter, Bisa Ubah Udara Jadi Oksigen Medis

Reporter : Iman - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Tulungagung—Pemkab Tulungagung menerima kiriman alat converter dari Pemprov Jatim. Alat converter itu bisa dijadikan merubah udara sekitar menjadi oksigen medis untuk pasien covid-19 yang sedang menjalani perawatan.

BACA JUGA :  Innalilahi... Ketua BPH UMM Wafat

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tulungagung, Kasih Rohmat mengatakan, Pemkab Tulungagung menerima 25 converter dari Pemprov Jatim. Alat tersebut kini telah disebar ke 19 rumah sakit darurat covid-19 (RSDC) di Tulungagung.

“Sudah kita terima 25 unit converter dari Pemprov sekitar seminggu yang lalu,”ujarnya.

Kata Kasih,pembagian alat ini disesuaikan dengan kondisi RSDC dan jumlah pasien yang ditanganinya. Sehingga RSDC dengan jumlah pasien dan beban kerja yang tinggi mendapatkan lebih dari 1 unit converter. Sedangka RSDC lainnya dijatah 1 converter sebagai pelengkap tabung oksigen medis yang sudah tersedia.

“Kita sesuaikan dengan kebutuhan, untuk RSDC yang padat seperti di UIN, kemudian Puskes Kauman dan Ngantru itu lebih dari 1 unit, sisanya kita bagikan ke RSDC lainnya,” jelas Kasil.

Kasil berharap, adanya converter ini bisa mengantisipasi potensi kelangkaan oksigen. Disinggung kemungkinan penambahan alat serupa dengan menggunakan APBD Tulungagung, Kasih menyatakan sementara memilih memanfaatkan alat yang sudah ada.

“Ini fungsinya seperti tabung gas, jadi 1 alat ini sama seperti 1 tabung oksigen medis, sama saja,” ucapnya.(mkr)