Pemkab Bojonegoro Hadirkan Ruang Terbuka Hijau, Taman Gajah Bolong di Ujung Timur

Reporter : M Nur Afifullah - klikjatim.com

Bupati Bojonegoro Anna Muawanah saat meresmikan taman "Gajah Bolong" dengan pengguntingan pita secara simbolis.

KLIKJATIM.Com | Bojonegoro–Pertigaan Gajah Bolong di Kecamatan Baureno kini jadi icon baru di wilayah Bojonegoro timur. Pemkab Bojonegoro merubah lokasi patung legendaris itu jadi jujukan dan tempat mengabadikan momen menarik bagi warga. Ya, namanya Taman Gajah Bolong. 

BACA JUGA :  Lagi, Luapan Kali Lamong Memakan Korban Anak SMP di Desa Sukorejo Kecamatan Kebomas Hanyut Belum Ditemukan

Gajah Bolong, namanya begitu tersohor di era 70 an hingga sekarang. Yaitu sebuah julukan pertigaan jalan tepat di seberang depan Kantor Kecamatan Baureno turut Desa Kauman. Di sudut kanan pertigaan berdiri sebuah bangunan tua ornamen Belanda yang terdapat sebuah patung gajah di halaman yang dulunya merupakan studio photo “Gajah Bolong” yang legendaris di Bojonegoro pada masa berjayanya photo klise.

Sehingga sampai saat ini orang menyebutnya telon atau pertigaan “Gajah Bolong”. Seiring perkembangan zaman dan peradaban, wajah Telon Gajah Bolong pun kini berubah semakin mempesona, tanah lapang milik Pemkab Bojonegoro seluas 4000 m² di sisi kiri pertigaan kini berdiri sebuah taman cantik yaitu “Taman Gajah Bolong”.

Dalam peresmian Bupati Bojonegoro Anna Mu’Awanna Mengatakan, didirikannya taman Gajah Bolong tersebut yakni pemanfaatan ruang-ruang yang kurang maksimal untuk memperindah dan mempercantik Kabupaten Bojonegoro. “Taman Gajah Bolong ini tentu akan menjadi icon baru dan daya tarik tersendiri bagi masyarakat wilayah timur Bojonegoro,” kata Bupati perempuan pertama itu Jum’at (22/1/2021).

Menurutnya, ini merupakan bentuk penilaian masyarakat untuk memberikan rasa ceria dengan hadirnya taman Gajah Bolong ini merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) termasuk sebagai produksi oksigen. Maka Bupati juga meminta untuk setiap taman juga ditanami pohon-pohon besar yang bisa produksi oksigen dan menyerap polusi, agar tanah juga termanfaatkan dengan baik.

Lebih lanjut, ketika sedang melintas di jalan raya Bojonegoro-Babat tepat utara jalan pertigaan Gajah Bolong, pesona cantik Taman Gajah Bolong nampak indah di mata. Aneka bunga warna-warni tumbuh di antara rerumputan, bunga-bunga yang bergelantungan di lorong taman vertikal.

Ia menambahkan, fasilitasnya pun juga lengkap, ada kran air tempat cuci tangan di setiap sudut, wahana bermain anak-anak, toilet, mushola, dan tentu tetap harus mematuhi protokol kesehatan covid 19.

“Nuansa akan terasa indah ketika menjelang senja hingga malam hari, lampu taman menyala kerlap-kerlip memanjakan para kaum milenial untuk berswafoto mengekspresikan diri di instagram,” pungkas Bupati Bojonegoro Anna Muawanah. (adv/mkr)