Pemkab Bojonegoro Gelar Seminar Nasional dalam Rangka Pekan Kartini, Ini Pesan Bupati Anna

Reporter : M Nur Afifullah - klikjatim.com

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah saat menjadi Keynote Speaker pada seminar nasional memperingati hari Kartini.

KLIKJATIM.Com | Bojonegoro—Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menjadi Keynote Speaker pada seminar nasional memperingati hari Kartini yang mengusung tema “Semangat Kartini Menginspirasi” yang bertempat di pendopo Pemkab Bojonegoro. Selain Bupati hadir pula sebagai narasumber dr Wan Nedra (Dosen Fakultas Kedokteran Yasri) dan Umi Dayati (Mutivator dan Dosen Universitas Negeri Malang). 

BACA JUGA :  Berakit-rakit Sendirian, Pelajar 14 Tahun di Malang Tenggelam Kemudian

Acara yang di selenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) Pemerintah Kabupaten Bojonegoro tersebut diikuti oleh 120 peserta yang terdiri dari sekretaris daerah, staf ahli, kepala OPD, camat perempuan, direktur RSUD perempuan, kepala puskesmas perempuan, kepala SMP perempuan, koordinator penyuluh KB perempuan, dan pimpinan gabungan organisasi wanita (GOW).

Kepala Dinas P3AKB Bojonegoro Anik Yuliarsih mengatakan, seminar nasional dalam rangka peringatan hari kartini tahun 2021 dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan semangat masyarakat terhadap peran dan kedudukan perempuan dalam upaya peningkatan perempuan Indonesia.

“Peningkatan yang berkualitas, unggul, berdaya saing dan bermanfaat melalui peningkatan kualitas peran sertanya baik peran pribadi, mandiri, maupun organisasinya,” kata Kepala Dinas P3AKB Bojonegoro Senin (19/4/2021).

Sementara itu Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan semangat Kartini adalah bagaimana agar dapat berperan, karena adanya kesetaraan gender dan penyediaan wadah bagi perempuan namun juga tidak meninggalkan kodrat sebagai perempuan. Saat ini dinamisasi dan emansipasi perempuan sudah terbuka luas, tergantung bagaimana sebagai perempuan mengisinya.

“Karena tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras, dan tidak ada kesempatan di berikan jika kita tidak bisa menunjukkan bahwa kita sanggup untuk di berikan kesempatan, inilah Inspirasi dari seorang kartini,” ujar bupati perempuan pertama di Bojonegoro itu.

Bupati menambahkan, kaum perempuan agar jangan ketinggalan dalam mengisi beberapa kesempatan di berbagai sektor, karena inspirasi Kartini wanita hebat yang dapat di ambil adalah sebagai perempuan dapat mengisi semua sektor, pendidikan, kesehatan, ekonomi, agama, dan lain sebagainya.

“Boleh kita sebagai perempuan berprestasi dan berkarir se hebat mungkin, namun sebagai perempuan di tengah semangat emansipasi perempuan harus tetap dalam kodratnya,” pungkas Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah. (mkr)