Pemberangkatan CJH Semen Indonesia Diwarnai Tangis Haru

Reporter : Koinul Mistono - klikjatim.com

Seorang jemaah calon haji memeluk haru keluarga sebelum berangkat ke tanah suci. (Istimewa)

KLIKJATIM.com ǀ Gresik – Tangis haru Calon Jemaah Haji (CJH) mewarnai proses pemberangkatan oleh Panitia Persiapan Pemberangkatan Haji (P3H) Semen Indonesia (SI) di Wisma A Yani Jalan Veteran, Gresik, Selasa (23/7/2019). Nampak sejumlah CJH berangkulan erat dengan keluarga sebelum berangkat menuju asrama haji Sukolilo, Surabaya.

Sesekali terlihat tetesan air mata bahagia di antara para jemaah yang akan menunaikan rukun islam kelima. Beberapa keluarga yang ditinggalkan juga berpesan agar selalu menjaga kesehatan selama di tanah suci. “Jangan lupa tetap menjaga kesehatan,” ujar seorang keluarga sambil berbisik.

[irp]

Adapun diketahui, total ada 192 CJH yang diberangkatkan dalam kloter 56 Kabupaten Gresik. Mereka berasal dari Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Tuban, Nganjuk, dan Bojonegoro.

Untuk jemaah tertua berusia 75 tahun atas nama Karnadi. Sedangkan jemaah termuda berusia 19 tahun bernama Tommi Bagus Tri.

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan SI, Sigit Wahono mengatakan, bahwa perusahaan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah haji melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Salah satunya dengan memilih pembimbing yang kompeten untuk mendampingi jemaah selama menjalankan ibadah haji.

[irp]

“Perusahaan juga memberikan fasilitas ransel, kopyah atau peci, jilbab, air zam-zam serta penjemputan dari asrama Haji Sukolilo Surabaya, saat para jamaah pulang nanti,” jelas Sigit.

Akhmad Khamdani, salah satu peserta mengaku, sangat terbantu dengan diberikannya pelayanan fasilitas haji oleh SI. “Alhamdulillah dapat bergabung di P3H Semen Indonesia, kami sangat terbantu sekali oleh fasilitas-fasilitas yang diberikan,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh CJH lainnya, Sukhaimi. “Bukan hanya teori di kelas saja, tapi dalam praktik manasik pun kami juga dibimbing serta diawasi dengan ketat. Kami bersyukur dapat fasilitas terbaik tersebut,” tambahnya.

Secara terpisah, Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim juga memberangkatkan sebanyak 2134 CJH tahun 2019. Pemberangkatan berlangsung secara simbolis dari Halaman Kantor Bupati Gresik, Selasa (23/7/2019) sore.

[irp]

“Sejatinya Bupati menyiapkan sebanyak 40 bus. Bus-bus tersebut berangkat dari beberapa KBIH masing-masing. Dan sekarang yang diberangkatkan secara simbolis ini hanya sebagian kloter 55, yaitu hanya 6 bus,” terang Qosim.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Gresik, Markus menambahkan, total jumlah CJH Gresik tahun ini sebanyak 2134. Mereka terbagi dalam 5 kloter yaitu kloter 55, 56, 57, 58 dan kloter 59.

“Kami juga menyertakan petugas haji sebanyak 25 orang dan pada pemberangkatan tahun ini ada 7 orang jemaah calon haji yang sedang sakit. Kami berharap mereka yang sakit ini segera sembuh agar bisa menyusul dan bergabung dengan kloternya,” pungkasnya. (nul/roh)