Pelaku Tipu Gelap Sepeda Motor Tulungagung Dilumpuhkan Polisi

Reporter : Iman - klikjatim.com

Pelaku diamankan polisi

KLIKJATIM.Com | Tulungagung – Satreskrim Polres Tulungagung akhirnya menangkap ST(50) pelaku tipu gelap sepeda motor di Tulungagung asal Kota Malang.

BACA JUGA :  Hewan Kurban Harus Sehat, Berikut Ciri-cirinya Versi DKPP Jember

ST ditangkap dirumahnya pada Jumat (25/09), Polisi yang mendapatkan perlawanan saat menangkap tersangka, terpaksa harus melumpuhkannya menggunakan timah panas.

Kasat Reskrim Polres Tulungagung, AKP Christian Kosasih melalui Kasi Humas Polres Tulungagung, Iptu Nenny Sasongko yang dikonfirmasi pada Senin (27/09) mengatakan, saat ini tersangka diamakan di Mapolres Tulungagung guna proses selanjutntya.

“Saat ini sudah diamankan di Mapolres Tulungagung,” terang Nenny.

Kepada Polisi, tersangka mengaku memilih korbannya secara acak, awalnya tersangka pura pura kenal dengan korban dan mengajak korban untuk ngobrol, setelah akrab kemudian tersangka meminjam motor korban dan membawanya kabur.

Nenny mengaku masih mengembangkan kasus ini, sebab tidak hanya satu korban saja yang menjadi korban tersangka.

Salah satunya adalah NN, warga Tulungagung yang mengaku mengenal tersangka di salah satu warung kemudian terpedaya oleh tersangka.

“Setelah sering datang ke warung milik korban, pemilik warung mulai percaya terhadap pelaku, sehingga saat pelaku meminjam sepeda motor, oleh korban diberikan,” ujar Nenny.

Usai berhasil membawa kabur motor korban, tersangka langsung membawanya ke wilayah Malang lalu digadaikan kepada seseorang yang saat ini masih didalami oleh pihak kepolisian.

“Sebelum digadaikan, sepeda motor korban dititipkan kepada temannya yang ada di wilayah Bumiayu, Kecamatan. Kedungkandang, Kota Malang,” tutur Nenny.

Dari tangan tersangka, Polisi menyita sejumlah barang bukti seperti 3 unit sepeda motor dengan nomor polisi AG 6641 RDP, kemudian nomor polisis AG 6998 RCA serta motor matic dengan nomor Polisi AG 3323 RBG.

Selain itu, petugas juga menyita barang bukti lain berupa, KTP atas nama Krantil Supri, KTP, kartu BPJS dan SIM atas nama Sismawati, 1 Kartu ATM BRI, 1 Kartu ATM Mandiri, 2 buah Dompet warna krem dan coklat, 1 unit dan uang tunai.

“Ada 1 barang bukti lain yakni, Honda Beat warna putih Nopol N 4684 AAA, saat ini diamankan dan sebagai barang bukti di Polres Malang Kota dikarenakan kendaraan tersebut hasil tindak pidana penipuan dan penggelapan diwilayah Polres Malang Kota” ungkap Nenny.

Tersangka mengakui,tidak hanya beraksi di Tulungagung,tersangka juga beraksi di wilayah hukum Polres Malang.

“Saat diinterograsi, pelaku mengakui semua perbuatannya, selanjutnya akan dijerat dengan Pasal 378 dan 372 KUHP, kami bersama Polsek Kedungwaru dan Ngunut juga masih melakukan pengembangan,” pungkas Nenny. (bro)