Peduli Lingkungan PGN SAKA Bagikan Bak Sampah dan Alat Press Sampah

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Bantuan dari PGN SAKA diterima secara simbolis oleh Suudin Kepala Desa Manyar Sidorukun, Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik di balai desa.

KLIKJATIM.Com | Gresik – PT Saka Indonesia Pangkah Limited (PGN SAKA) menyerahkan bantuan berupa 370 unit bak sampah dan 1 unit mesin press sampah. Bantuan tersebut  diserahkan kepada warga di Desa Manyarejo, Manyar Sidomukti dan Manyar Sidorukun Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik Selasa (06/04/2021).

BACA JUGA :  Hakim Mahkamah Agung Tolak Kasasi Jaksa Penuntut Umum, Andhy Hendro Wijaya Bebas

“Bantuan tersebut merupakan salah satu realisasi dari program CSR PGN SAKA berupa Program Penyehatan Sanitasi Komunitas melalui penataan kampung berseri dengan pendampingan dari LSM SPEKTRA Surabaya.” kata Endro Probo, Penanggung Jawab Program CSR PGN SAKA usai penyerahan bantuan.

Dikatakan, selain bantuan bak dan mesin press sampah pada program penyehatan sanitasi komunitas pihaknya juga mendistribusikan 2.521 jenis tanaman. Jenis tanaman yang diberikan meliputi  tanaman rindang, tanaman buah, tanaman sayur, serta TOGA untuk penghijauan.

Ditambahkan, warga juga mendapatkan pelatihan pembuatan biopori sebagai bagian upaya untuk konservasi sumberdaya air. Pelatihan pembuatan biopori ini bertujuan mengedukasi masyarakat untuk mengamankan sumber air bersih yang berkelanjutan di wilayah tiga desa tersebut.

Komitmen PGN SAKA mengedukasi dan membantu warga sekitar dalam meningkatkan kualitas lingkungan sekitar.

“Dengan adanya biopori diharapkan sumber-sumber air yang ada di desa tetap terjaga,” jelas Endro Probo dengan penuh semangat.

 

Dijelaskan, PGN SAKA berkomitmen akan terus memberikan program bantuan kepada masyarakat wilayah operasi. Harapanya, dengan adanya pengelolaan sampah yang terintegrasi dapat berdampak langsung bisa meningkatkan kualitas kesehatan dan ekonomi masyarakat sekitar wilayah operasi. 

Melalui berbagai program CSR  yang diberikan, imbuh Endro,  PGN SAKA berharap adanya dukungan dari masyarakat dalam menjalankan operasional perusahaan. “Dukungan dan doa restu dari masyarakat sekitar sangat kami butuhkan dalam rangka menjaga keberlangsungan operasional perusahaan sehingga kami dapat berkontribusi lebih baik lagi bagi masyarakat sekitar,“ terang Endro.

Di tempat yang sama, Rofií,  Pengurus Bank Sampah Bersemi, Desa Manyar Rejo Kecamatan Manyar mengatakan, bantuan yang diberikan PGN SAKA ini bertujuan mengatasi permasalahan sampah di tiga desa. Bantuan juga memacu masyarakat untuk menginisiasi berdirinya pengelolaan sampah melalui bank sampah.

“Dengan adanya berbagai bantuan dan pelatihan yang diberikan oleh PGN SAKA, maka beberapa masyarakat bersepakat untuk mendirikan kelompok pengolahan sampah agar bantuan yang ada bisa lebih bermanfaat dan yang lebih penting desa kita jadi bebas sampah,” terang Rofi’i.

Peralatan press sampah menjadi paket bantuan pengelolaan Bank Sampah Bersemi yang dibantu sepenuhnya oleh PGN SAKA

Sementara itu, Kepala Desa Manyar Sidorukun Suudin mewakili dua Kepala Desa dan masyarakat desa mengucapkan sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh PGN SAKA. Dia berjanji akan merawat sebaik mungkin bantuan yang telh diberikan.

Pihaknya juga akan melibatkan semua unsur masyarakat untuk terlibat aktif dalam menjaga kebersihan dan lebih peduli terhadap kondisi lingkungan dan pemukiman sekitarnya.

“ Tentunya, kami sangat berterima kasih atas bantuan dan pendampingan program ini, selanjutnya kami akan terus berkomitmen menjaga kebersihan lingkungan dan memanfaatkan bantuan yang ada sebagaimana mestinya, jika diijinkan, kami berharap tahun depan mendapatkan bantuan lagi,” kata Kades Manyar Sidorukun. (ris)