Patroli Jam Malam di Gresik Amankan 65 Orang, 1 Orang Positif Rapid Tes

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Seorang warga yang terjaring patroli jam malam langsung dilakukan rapid tes di Mapolres Gresik, Sabtu (2/5/2020) malam. (Miftahul Faiz/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik—Sebanyak 65 orang diamankan saat tim gabungan Satgas Covid-19 patroli jam malam pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kabupaten Gresik. Dari 65 orang itu, satu orang dinyatakan positif setelah dilakukan rapid tes.

“Satu orang setelah dilakukan rapid tes hasilnya positif,” kata Kapolres Gresik, AKBP Kusworo Wibowo, Sabtu (2/5/2020) malam.

BACA JUGA :  Terkait Swab Test, Bawaslu Surabaya Tuding KPU Tidak Terbuka

Warga yang terjaring razia itu hasil dari patroli di warung kopi dan rental playstation yang masih nekat buka di atas pukul 21.00. Hasilnya, 65 orang diamankan dan langsung digiring ke Mapolres Gresik. Di sana satu persatu di tes suhu tubuhnya. Jika suhu tubuh di atas 37 derajat mereka langsung dilakukan rapid tes.

“Ada enam orang yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat. Kemudian langsung dilakukan rapid tes. Lima orang negatif, sementara satu orang positif saat di rapid tes,” terang Kapolres Gresik.

Kusworo mengatakan, satu orang yang positif rapid tes itu belum tentu dinyatakan positif virus corona atau covid-19. Selanjutnya, satu orang yang positif rapid tes itu akan dilakukan swab tes Senin (4/5/2020) besok.

“Yang lainnya kami minta untuk melakukan isolasi mandiri,” katanya.

Ditambahkan Kusworo, warung kopi yang dijadikan nongkrong warga positif itu langsung dilakukan sterilisasi oleh petugas dengan disemprot desinfektan. Kusworo menambahkan, warkop yang terjaring razia patroli malam langsung diberikan teguran agar tidak mengulangi lagi.

“Kalau masih buka, kami berikan sanksi tertulis. Jika masih nekat lagi, sesuai dengan peraturan bupati (perbup) akan ditutup atau dicabut izinnya,” jelasnya.

BACA JUGA :  21.635 Orang di Jatim Waras dari Covid-19

Razia gabungan ini dipimpin Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo melibatkan ratusan personel. Hadir pula dalam kegiatan itu Irwasda Polda Jatim, Kombes Awi Setiyono, Dandim 0817 Letkol Budi Handoko, Kasatpol PP Gresik, Abu Hasan. Razia dimulai dari Mapolres Gresik Jl Basuki Rachmad pukul 21.00 dan bergerak ke Alun-alun, Jl Pahlawan, Jl Jaksa AGung Suprapto dan ke sejumlah tempat yang disinyalir banyak warkopnya buka.

Selain petugas TNI/Polri dan Satpol PP, sejumlah tenaga medis dari Dinas Kesehatan dan Pusdokkes Polres Gresik berpakaian APD warna putih juga turut dalam razia. Saat mendatangi warung kopi di depan Wahana Ekspresi Poesponegoro, sedikitnya 12 orang pengunjung dan pemilik warkop digiring keluar menuju truk polisi. Meski bermacam alasan disampaikan ke petugas, namun polisi tak bergeming dan tetap mengangkut pengunjung ke atas truk. Razia terus dilakukan hingga total 65 warga bandel diamankan polisi. (mkr)