Pastikan Ketersediaan Obat dan Vitamin untuk Pasien Covid-19, Kapolresta Sidoarjo Cek Perusahaan Farmasi

Reporter : Satria Nugraha - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com I Sidoarjo – Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro beserta jajaran mengunjungi dua perusahaan farmasi, PT Interbat dan PT Bernofarm. Kunjungan tersebut bertujuan memastikan produksi obat dan vitamin untuk perawatan penderita Covid-19 terpenuhi.

BACA JUGA :  PP Bangun Hunian Berkonsep Mixed Use di Surabaya dan Bekasi

Kusumo mengatakan, kunjungan ini untuk mengecek ketersediaan obat seperti azitromisin, vitamin D 3 dan beberapa macam obat lainnya untuk menambah daya tahan tubuh penderita Covid-19. Berbagai jenis obat tersebut saat ini sangat dibutuhkan untuk penanganan medis.

“Dari dua perusahaan farmasi yang kami kunjungi, secara umum kondisi ketersediaan obat tercukupi. Bahkan kapasitas produksinya ditingkatkan,” kata Kusumo, usai mengunjungi PT Interbat Buduran Sidoarjo, Kamis (15/7/2021) siang.

Kusumo mengimbau kepada perusahaan farmasi, apotek serta rumah sakit, jangan sampai ada permainan stok maupun harga obat di tengah masa darurat seperti sekarang ini. Masyarakat pun diimbau agar tidak panik dengan memborong obat dan menimbunnya. Stok obat bagi pasien Covid-19 masih terus diproduksi, serta distribusinya juga tidak ada kendala.

“Kami meminta masyarakat tidak usah panik. Stok obat dan vitamin masih tercukupi. Distribusi ke berbagai kota-kabupaten di Jawa serta Pulau Bali tidak ada masalah,” jelas Kusumo.

Plan Manager PT Interbat Tekad Agustono mengatakan, saat ini dua obat yang dibutuhkan adalah azitromisin dan vitamin D3. “Sampai saat ini tidak ada kendala, jumlah produksi kami tambah dan proses distribusi kami upayakan secepatnya,” terangnya.

Selain ke PT Interbat, Kusumo juga mengunjungi PT Bernofarm di Desa Tebel Gedangan. Kepada manajemen perusahaan, matan Wakapolresta Banyuwangi ini mengimbau agar kebutuhan obat-obatan bagi pasien Covid-19 diprioritaskan.

Sementara itu perwakilan PT Bernofarm, Simoun membenarkan jika kebutuhan vitamin untuk daya tahan tubuh di tengah masa pandemi meningkat. “Sejauh ini produksi dan distribusi tidak ada kendala,” ucapnya. (nul)