Partai Politik di Bojonegoro Terima Bantuan Dana Rp 1,1 Triliun

Reporter : M Nur Afifullah - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Bojonegoro–Sebanyak 13 partai politik di Kabupaten Bojonegoro menerima bantuan dana keuangan partai politik (banpol) 2022. Total dana bantuan yang diserahkan sebsar Rp 1,1 triliun.

BACA JUGA :  Kapolri Instruksikan Seluruh Kapolda Bentuk Kampung Tangguh Narkoba

Penyerahan bantuan itu diserahkan  oleh Bupati Bojonegoro secara virtual di Ballroom Hotel Dewarna, Kamis (14/10/2021). Ketua dan sekretaris masing-masing partai hadir dalam acara tersebut.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mengatakan, dana banpol yang telah diserahkan kepada partai politik, harapannya digunakan untuk memberikan edukasi politik kepada warga.

“Saya meminta kerja sama dari partai politik untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, khususnya generasi muda untuk terlibat aktif dalam kegiatan politik,” katanya

Dijelaskan Anna,

sesuai dengan Permendagri Nomor 36 Tahun 2018 pemanfaatan Banpol salah satunya adalah untuk memberikan pendidikan politik. “Tugas pemkab melalui Bakesbangpol adalah bagaimana mengajak masyarakat terlibat aktif politik dan mengajak generasi muda belajar dan aktif berpolitik. Maka kita meminta bantuan parpol untuk membantu pemkab mensukseskan sosialisasi politik kepada masyarakat,” jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Bojonegoro, Ketua KPU Bojonegoro, Ketua Bawaslu Bojonegoro serta 13 Ketua dan Sekretaris Parpol penerima Banpol. 

Perlu diketahui, sebagaimana dasar hukum dalam PP No. 1 Tahun 2018 Tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik, serta Permendagri No. 36 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penghitungan, Penganggaran dalam APBD dan Tata Tertib Administrasi Pengajuan, Penyaluran dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik, parpol akan menerima Rp. 1.500,- dikalikan perolehan suara sah Partai Politik dalam pemilu 2019 lalu.

Total Rp. 1.176.303.000,- akan dicairkan untuk 13 parpol diantaranya, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Golongan Karya, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Persatuan Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan.(mkr)