Paripurna DPRD Gresik Gelar Pelantikan Nur Saidah sebagai Wakil Ketua Dewan dan Atek Ridwan Anggota PAW Fraksi Golkar

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Wakil Ketua DPRD Gresik Nursaidah ketika mengucapkan sumpah dan janji yang dibacakan Ketua PN Gresik. (ist)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Gresik pada Kamis (22/4/2021) menggelar pelantikan sekaligus pengucapan sumpah Nur Saidah sebagai Wakil Ketua DPRD Gresik serta Atek Ridwan sebagai anggota Fraksi Golkar dari pergantian antar waktu (PAW).

BACA JUGA :  Latih Nge-Vlog, Faqih Usman Center Dukung Kemenko PMK Wujudkan Revolusi Mental

Nur Saidah ditunjuk menggantikan Asluchul Alif yang mengundurkan diri karena terjun di kontestasi pilkada 2020.  Rapat paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan itu dipimpin Ketua DPRD Gresik Much. Abdul Qodir didampingi dua Wakil Ketua DPRD Ahmad Nurhamim dan Mujid Riduan. Selain dihadiri anggota dewan, acara juga diikuti jajaran Forkopimda secara virtual.

Nur Saidah, legislator dari dapil II (Duduksampeyan-Cerme) mengisi kursi pimpinan dewan jatah Partai Gerindra selaku pemenang kedua Pileg 2019 dengan delapan kursi. Paska dilantik, ia berkomitmen menjalankan tugas dan kewajiban sebagai wakil rakyat dengan maksimal.

“Tentunya saya akan menjalankan tugas sebagaimana tupoksi (tugas pokok dan fungsi) pimpinan dewan. Benar-benar menjadi penyambung aspirasi masyarakat,” katanya usai pelantikan, Kamis (22/4/2021).

Perempuan berkaca mata itu mengaku siap menjalankan tugas untuk mendukung realisasi program-program pemerintah. “Langkah ke depan, kita DPRD siap apa yang menjadi visi misi bupati baru, kita dukung. Konsisten dan komitmen memperjuangkan aspirasi masyarakat. Dan tidak tergoda dengan jabatan yang baru di Pimpinan DPRD,” tambahnya.

Nur Saidah mengaku memiliki kenangan tersendiri dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD Gresik karena momennya bertepatan dengan peringatan Hari RA Kartini, tokoh pahlawan perjuangan perempuan Indonesia. Tentu semangat perjuangan itu yang kini juga ia kobarkan. Bagaimana tidak, ia menjadi perwakilan srikandi DPRD Gresik yang menduduki kursi pimpinan dewan.

“Ini menjadi bukti sekaligus gambaran bagi perempuan di luar sana. Perjuangan perempuan. Bahwa ketika kita menjalankan tugas dengan baik, konsisten dan komitmen, maka kesempatan itu akan datang. Tidak hanya untuk laki-laki, tapi juga perempuan di Indonesia khususnya di Gresik,” pungkas mantan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Gresik.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, politisi Partai Golkar Atek Ridwan dilantik menjadi anggota DPRD Gresik. Wakil rakyat dari dapil IV Wringinanom-Driyorejo itu menggantikan Sugiyo yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. Atek yang mendapatkan perolehan suara terbanyak kedua berhak mengisi kekosongan itu melalui mekanisme PAW.

Setelah dilantik, pria yang juga Sekretaris DPD Golkar Gresik itu langsung dapat bekerja. Sesuai regulasi, ia menggantikan Sugiyo di Komisi IV yang membidangi kesejahteraan masyarakat. Selain itu juga mengemban amanah di Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

Tidak hanya pelantikan Nur Saidah dan Atek Ridwan, rapat paripurna itu juga menetapkan sejumlah alat kelengkapan dewan (AKD). Mulai dari Hudaifah sebagai anggota Badan Musyawarah (Banmus), Abdullah Munir sebagai anggota Badan Anggaran (Banggar) dan Ahmad Ubaidillah sebagai Bapemperda. Kemudian menetapkan Lutfi Dawam sebagai Ketua Fraksi Gerindra menggantikan Nur Saidah.

Wakil Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim berharap agar secara keseluruhan dapat memberikan kinerja terbaik dalam rangka menyejahterakan masyarakat. “Harapannya ke depan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kinerja dewan untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Gresik,” jelas Ketua DPD Golkar Gresik itu. (*/bro)