Panglima Koarmada II Ajak Seluruh Prajurit Rajin Olah Raga

Reporter : Achmad Alamudi - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksda TNI Heru Kusmanto mengajak prajurit di jajarannya untuk melakukan olahraga dalam rangka menjaga kesehatan serta kebugaran.

“Kami minta pada seluruh prajurit dan PNS tetap melakukan olahraga. Tentunya, dengan tetap memerhatikan ketentuan yang terkait dengan pencegahan penularan virus Corona,” jelas Laksda Heru.

BACA JUGA :  Gagal PPDB, Dispendik Sarankan Ikuti Jalur Zonasi dan Nilai Raport

Panglima Armada II ini memberi contoh olahraga senam pagi (Lintinkung, Sipong dan SKJ 77/84) yang rutin dilakukan selalu tiap Selasa dan Jumat dilaksanakan secara bersama di Dermaga Madura. Senam dilakukan dengan jarak 4 hingga 5 meter tiap personel.

“Saat senam saja, physical distancing tetap dilakukan dengan menjaga jarak, sehingga bebas gerakannya dan dapat menyerap sinar matahari pagi tanpa adanya kekawatiran terganggu orang disebelahnya. Senam ini mengawali kegiatan olah raga sesuai hobby maupun yanus masing-masing prajurit,” jelasnya.

Olahraga lain juga dilakukannya, seperti bulu tangkis dan tenis meja yang menjadi olahraga favorit dari sederet cabang olahraga yang disukai oleh orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini. Untuk cabang menembak, bersepeda dan panahan selalu ditinjau oleh Panglima, baik setelah atau sebelum olah raga favorit, dan langsung bergabung sesuai program latihan yang sedang digelar.

BACA JUGA :  Bank UOB Tawarkan Program Relaksasi Kredit

“Ditengah merebaknya wabah covid-19 kita harus bisa menjaga diri dengan olah raga sesuai dengan kemampuan, sesuai dengan hobby masing-masing. Dan saya memilih olahraga yang membuat reflek anggota badan serta otot lebih responsif dan tidak kaku, disamping itu setelah olah raga pikiran menjadi fresh (segar),” ujarnya.

Untuk itu, ia memilih olah raga bulu tangkis atau badminton yang dilakukan hari ini. “Bulu tangkis ini kan olahraga yang bisa dilakukan di ruangan tertutup maupun terbuka seperti di Mako Armada II ini,” kata Heru.

Tidak tanggung-tanggung untuk olahraga yang satu ini, Heru mendatangkan pelatih profesional dari GOR Sudirman, Surabaya untuk sekaligus menjadi lawan main yang digelar di Gedung Panti Tjahaya Armada (PTA). Dalam kesempatan tersebut, Heru terlihat penuh antusias mendengar dan mempraktekkan arahan pelatih.

BACA JUGA :  Janjian Kencan, Mobil Ditinggal di Rest Area, Diamankan Polisi

Alhasil sebuah permainan seru disuguhkan Heru bersama pelatih dan atlet inti bulu tangkis Koarmada II yang sedang melakukan latihan rutin. Beberapa pejabat utama dan Kasatker di Koarmada II juga terlihat ikut bermain secara bergantian.

“Nah, kita lebih fresh kan setelah Olahraga ini? Untuk itu, selalu berdoa agar upaya dan ikhtiar yang telah kita lakukan membawa manfaat bagi kesehatan dan terhindar dari virus corona,”pungkasnya. (hen)