Operasi Pelanggaran Prokes Covid-19 Masih Digalakkan, Hari Ini Pasien Sembuh di Gresik Tambah 12 Orang

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Petugas gabungan memberikan sanksi menyapu kepada pelanggar prokes di Kecamatan Balongpanggang, Gresik. (Faiz /klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik – Penegakan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 di Gresik terus dijalankan. Bahkan petugas gabungan TNI-Polri dan juga Satpol PP masih gencar menggalakkan operasi yustisi atau pelanggaran prokes.

BACA JUGA :  Sederhana, Pemkab Sidoarjo Gelar Upacara Hari Jadi Pemprov Jatim dengan Protokol Covid-19

Misalnya di wilayah Kecamatan Balongpanggang. Tampak beberapa pelanggar prokes yang terpaksa diberi peringatan dan sanksi sosial dengan cara menyapu setelah terjaring razia oleh petugas gabungan, Kamis (3/12/2020).

Kapolsek Balongpanggang, AKP Tulus menjelaskan, operasi yustisi dalam rangka penegakan prokes berbasis komunitas ini dilaksanakan serentak se Kabupaten Gresik. Dengan target memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi prokes, selama masa pandemi Covid-19 ini belum dinyatakan berakhir.

“Penegakan protokol kesehatan ini sebagaimana Instruksi Presiden RI Nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Virus Corona, Perda (Peraturan Daerah) Gubernur Jatim Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Perda Provinsi Jatim Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat, serta Perbup (Peraturan Bupati) Gresik Nomor 22 Tahun 2020 tentang Pedoman Masa Transisi Menuju Tatanan Normal Baru pada Kondisi Pandemi Virus Corona,” jelas Tulus.

Karena itu, dalam operasi gabungan ini pihaknya menyasar pengendara roda empat dan dua yang tidak memakai masker. Begitu pula masyarakat yang tidak memakai masker dengan benar pun ikut diamankan.

“Dari hasil operasi didapatkan 30 pelanggar yang tidak menggunakan masker,” ujarnya.

Tidak hanya di Balongpanggang. Di beberapa kecamatan lainnya pun menggelar razia prokes, antara lain di Gresik Kota, dan Kedamean. 

Sementara itu, berdasarkan data terbaru Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Gresik menyebutkan, bahwa jumlah kasus virus corona di daerah setempat per tanggal 3 Desember 2020 mencapai 3.847 orang. Kemudian pasien sembuh tercatat 3.560 orang, setelah ada penambahan 12 pasien dinyatakan sembuh pada hari ini. (nul)