Oknum LSM Tuban Suka Peras Kades Ditangkap Polisi Tuban

Reporter : M Nur Afifullah - klikjatim.com

Tersangka diamankan polisi

KLIKJATIM.Com I Tuban – Oknum wartawan yang merangkap anggota LSM, Djoko Djoewono (55) ditangkap jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Jenu.
Warga Kelurahan Kebonsari, Kabupaten Tuban itu terbukti memeras Kepala Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Rabu (13/1/2021).

BACA JUGA :  Warga Geram, Setiap Ngurus KTP Disambut Petugas Judes

Djoko sehari-hari mengantongi id card LSM Tipikor Lembaga Pengawasan Reformasi Indonesia (LPPRI) dan merangkap sebagai wartawan angkasapos.com yang tidak jelas wilayah operasinya. Mantan residivis dalam kasus yang sama di daerah Kabupaten Trenggalek ini sering mengancam narasumber yang ditemui.

Kapolsek Jenu AKP Rukimin mengatakan, pelaku ditangkap di rumahnya. Polisi bergerak setelah Kades Mentoso melaporkan. Kades mengaku telah diperas senilai Rp 6 juta dengan ancaman akan membuka privasi jika tidak memberi. Berdasar dari laporan itu petugas langsung bergerak dan menangkap pelaku.

“Berdasarkan perkembangan, pelaku ini ternyata setiap harinya mengaku sebagai LSM dan wartawan, dan suka menakut-nakuti narasumber,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, seusai memeriksa handphone pelaku, ternyata aksi serupa juga dilakukan di daerah lain. Mulai dari Bojonegoro, Lamongan, Jombang, dan lain sebagainya. Dalam aksinya, pelaku tidak sendirian tapi bersama rekannya yang lain. Demi penyelidikan lebih lanjut, petugas kepolisian telah mengamankan barang bukti (BB) uang Rp 5 juta, 2 buah handphone, dan 1 unit mobil.

“Atas perbuatan pelaku dikenakan Pasal 368 tentang pemerasan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Jenu mengimbau agar masyarakat terutama kepada kades agar tidak takut terhadap seseorang yang mengaku LSM maupun wartawan. Jika tujuannya ada indikasi memeras, maka sebaiknya segera melaporkan pada pihak yang berwajib.

“Segera melapor jika ada oknum LSM atau wartawan yang memeras,” pungkasnya. (hen)