Nyaru Polisi, Tukang Las Pamerkan Softgun Tipu Pengusaha

Reporter : Abdus Syukur - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Banyuwangi – Seorang tukang las, Yoyok Hadi Kuscahyo (43) harus berurusan dengan penyidik Satreskrim Polresta Banyuwangi. Penyebabnya, Yoyok mengaku sebagai anggota Polri menunjukkan atribut dan pistol air softgun. Tujuannya, untuk menipu seorang pengusaha.

BACA JUGA :  Kapolda Jatim Irjen Fadil Sosialisasikan Program RW Tangguh di Mapolres Gresik

“Tersangka melakukan aksi penipuan pada Januari lalu. Tersangka mengaku sebagai anggota Polri yang berjanji membantu menagih utang kepada seorang pengusaha,” kata Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin.

Pengusaha bernama Hartono Subiyanto itu menjelaskan, tersangka datang kepada dirinya mengenalkan diri sebagai anggota Polres Banyuwangi. Untuk meyakinkan korban, tersangka juga menunjukkan atribut seperti layaknya anggota Polresta Banyuwangi.

“Bahkan, pelaku juga menunjukkan senjata api (senpi) jenis airsoft gun kepada korban, agar semakin yakin kepadanya,” terang Kapolresta Banyuwangi.

BACA JUGA :  Polisi Bekuk Pengedar Masker Ilegal dan Produsen Handsanitizer Bodong

Kepada korban, tersangka mengaku bisa menyelesaikan uang korban yang dipinjam seseorang di Surabaya sebanyak Rp 15 Miliar. Karena sudah diyakinkan jika dia adalah polisi, maka korban percaya dan menerima tawaran pelaku mengurusi uang Rp 15 miliar.

“Tersangka sering meminta uang untuk biaya akomodasi melacak keberadaan si peminjam uang korban. Uang yang diberikan korban untuk biaya akomodasi pelaku menembus angka Rp 30 juta. Ditambah aksi Yoyok yang bolak balik meminjam mobil pribadinya,” imbuh Kombes Asmara.

Namun, karena utang tak kunjung ditagih, akhirnya korban melaporkan penipuan itu ke Polres Banyuwangi. Polisi tidak kesulitan membekuk tersangka di bengkel tempatnya bekerja. Tersangka digelandang ke Mapolres Banyuwangi dan mengakui perbutaannya.

“Tersangka akan kami jerat dengan pelanggaran Pasal 378 dan atau Pasal 372 juncto Pasal 64 KUHP,” pungkas Kapolresta Banyuwangi. (hen)