New Media Sebuah Tantangan Baru

Reporter : klikjatim

MENEKUNI dunia jurnalistik sejak 25 tahun silam, bagi saya menarik rasanya mengikuti perkembangan dunia media massa saat ini. Lama di media cetak dengan segala keunikan dan ketertarikannya sungguh menjadi sebuah pengalaman berharga dalam mengelola sebuah media massa berbasis digital online. Hampir semua lini organisasi di media cetak pernah saya ikuti dan saya jalani, sehingga kini bisa melihat bagaimana peluang media kedepannya.

Sosok Dahlan Iskan yang menginspirasi dalam mengembangkan media massa hingga kini masih melekat. Apalagi begawan media ini ternyata masih ingin menerbitkan sebuah meduia harian bernama Harian Disway. Itu artinya dunia informasi dan komunikasi masih terus dibutuhkan oleh masyarakat, terlepas platform apakah yang dipakai, digital atau konvensional.

Mengelola media massa memang butuh pikiran dan tenaga ekstra juga modal yang tidak sedikit. Apalagi media diisi oleh orang-orang profesional, mereka yang memiliki kompetensi jurnalistik dan wartawan mahir. Klikjatim.com hadir dengan menyuguhkan informasi tersebut dengan sepenuh hati dilandasi etika jurnalistik dan aturan main yang ada.

Mengelola sebuah media online, memang menjadi tantangan menarik. Apalagi jumlah media online menurut Dewan Pers pada 2019 lalu mencapai 42 ribu. Tentu tidak mudah untuk bersaing, namun tidak ada kata tidak mungkin untuk bisa menembus page view di atas 1 juta perbulan.

Suguhan berita menarik, kecepatan berita, akurasi, keseimbangan menyampaikan data dan liputan serta bertanggungjawab atas isi berita menjadi modal awal untuk menjadikan Klikjatim.com sejajar dengan media online profesional di Tanah Air. Apalagi saat ini Klikjatim.com dalam proses verifikasi di Dewan Pers, sehingga roh jurnalisme yang apik dan bertanggungjawab menjadi pegangan bagi Klikjatim.com untuk berkiprah dan menyajikan informasi hangat aktual dan bertanggungjawab kepada masyarakat khususnya di Jawa Timur.

Dengan menggawangi Klikjatim.com per 1 Juli 2020 ini, sungguh menjadi sebuah tantangan menarik bagi saya untuk mensejajarkan dengan platform media online lainnya. Terutama tantangan dalam mengimbangi platform digital yang digandrungi anak milineal saat ini seperti podcast, streaming, vlog melalui instagram, facebook, atau youtube.

Kami berterima kasih kepada narasumber serta klien Klikjatim.com yang selama ini berpartisipasi bersama mengembangkan media onlinenya arek Jawa Timur ini. Informasi penting dan akurat yang selama ini disampaikan menjadi sebuah kekuatan untuk menghadirkan informasi yang layak untuk dibaca, layak untuk dipahami dan layak untuk dijadikan sebuah referensi. Salam.

 

Aries Wahyudianto

Klikjatim.com