Nekat Nerobos Tanpa Surat Sehat, 10 Penumpang Travel Gelap Diputar Balik

Reporter : Fauzy Ahmad-klikjatim.com

Kasatlantas Polres Ponorogo mengecek surat sopir

KLIKJATIM.Com | Ponorogo – Penerapan Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat masih saja kucing-kucingan. Buktinya satu travel gelap harus diputar paksa oleh Sat Lantas Polres Ponorogo, Rabu (21/7/2021).

BACA JUGA :  Bersumber Dari Sampah Plastik Berceceran, Warung di Gresik Ludes Terbakar

“Tadi ada travel gelap yang jalan. Kami sebut travel gelap karena tak memiliki izin trayek. Berisi 10 penumpang lagi,” ujar Kasat Lantas Polres Ponorogo, AKP Indra Budi Wibowo, Rabu sore.

Parahnya, kata dia, 10 penumpang beserta sopir tidak menunjukkan kelengkapan surat sehat. Baik itu surat rapid antigen, PCR atau sudah vaksin.

“Kan harus ada surat sehat untuk bisa melakukan perjalanan. Nyatanya tidak ada satu pun yang bisa menunjukkannya,” kata AKP Indra.

Dari hasil identifikasi, travel itu dari Purwantoro, Wonogiri, Jawa Tengah. Tujuan mereka ke Surabaya.

“Mereka dari Purwantoro mau ke Surabaya. Melintas Ponorogo. Kami putar balik saat di perempatan tambakbayan,” beber AKP Indra.

Tidak hanya itu, sopir travel gelap juga ditilang. Ini sebagai efek jera, bahwa PPKM Darurat memang harus membawa sejumlah persyaratan untuk bisa melintas.

“Kami tindak dengan Tilang untuk sopir yang tidak bisa tunjukkan kelengkapan surat trayek dan surat dari dinas kesehatan dalam rangka implementasi PPKM Darurat di wilayah Kabupaten Ponorogo ini” imbuhnya.

Menurutnya, memang juga mendirikan beberapa post cek point PPKM Darurat. Dia menyebut seperti di Perbatasan Ponorogo Madiun, perbatasan Ponorogo-Trenggalek, perbatasan Ponorogo Wonogiri.

“Guna pengendalian mobilitas selama PPKM Darurat berlangsung,” urai mantan Kasat Lantas Polres Kediri ini.

Dia menjelaskan beberapa anggota lantas disebar pada titik perbatasan dan personil gabungan guna pengendalian mobilitas di masa PPKM Darurat Kabupaten Ponorogo. Pimpinan dilakukan pembatasan mobilitas di wilayah dalam Kota. (bro)