Nekat Curi Motor, Alasan Dua Pelaku Asal Perum KBD Hanya Karena Ini

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Anggota Reskrim Polsek Driyorejo telah mengamankan pelaku beserta barang buktinya. (Faiz/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik – Aksi pencurian sepeda motor yang dilakukan oleh Armiana Nur Syarifudin (21) dan Ahmad Sandy (24), warga Perumahan Kota Baru Driyorejo (KBD) Desa Petiken, akhirnya terbongkar. Kedua pelaku pun diringkus jajaran Satreskrim Polres Gresik.

BACA JUGA :  Lima OPD di Bojonegoro Ditargetkan Masuk WBK dan WBBM

Penangkapan terhadap kedua pelaku berlangsung terpisah. Awalnya, pelaku Armiana Nur Syarifudin dicokok Polisi sekitar pukul 11.30 WIB di rumahnya pada Jumat (12/2/2021). Sedangkan pelaku Ahmad Sandy diringkus di Bulurejo, Wonogiri, Jawa Tengah. 

“Tidak sampai 1 X 24 jam dari aksinya, kedua pelaku dan motor hasil curian berhasil diamankan petugas. Kemudian digelandang ke Polsek Driyorejo guna proses sidik lebih lanjut,” terang Kapolsek Driyorejo, Kompol Wavek saat mendampingi Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitrianto, Sabtu (13/2/2021).

Diceritakan, bahwa kedua pelaku telah mencuri motor milik M Roziq (40), warga Desa Cangkir, Driyorejo. Ketika itu motor matic warna hitam Nopol W 6117 milik korban sedang dicuci di teras depan rumah orang tuanya, Suwaji asal Desa Kesamben Wetan, Driyorejo pada Kamis (11/2/2021) malam.

Saat korban masuk ke rumah, dua pelaku yang sudah mengintainya langsung membawa kabur motor tersebut. Namun, Kurniana Fajriyah (17), adik korban yang kebetulan berada tidak jauh dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) sempat melihat dua laki-laki tak dikenal membawa lari motor kakaknya ke arah barat.

Sehingga adik korban tersebut langsung berteriak maling. Warga sekitar beserta kakaknya (korban) pun mendengar teriakan itu, dan sempat melakukan pengejaran. Namun upayanya tidak berhasil menangkap pelaku.

“Kejadian ini akhirnya dilaporkan ke Polsek Driyorejo, dan Kanit Reskrim Polsek Driyorejo, Ipda Suhari langsung bergerak melakukan penyelidikan sambil koordinasi dengan Opsnal Reskrim Polres Gresik,” urai Kapolsek.

“Tidak pakai lama, hanya butuh waktu kurang dari 1×24 jam pelaku Curanmor (pencurian kendaraan bermotor) itu berhasil diberangus Polisi Gresik. Hingga dikejar ke Wonogiri, Jawa Tengah,” ungkapnya.

Adapun pengakuan kedua pelaku, mereka baru pertama melakukan pencurian ini. Mereka nekat mencuri untuk bersenang-senang agar bisa barter dengan sabu.

“Kedua pelaku curanmor sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dijebloskan ke dalam penjara. Mereka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara,” tutup Wavek. (nul)