Nasib Nahas Balita Gresik, Ibunya Meninggal Karena Covid-19 dan Ayahnya Sedang Terpapar

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Ilustrasi

KLIKJATIM.Com | Gresik — Kasus covid-19 di Kabupaten Gresik saat ini tengah mengganas. Seperti yang dialami keluarga HP di Kecamatan Cerme. Setelah istri HP meninggal karena covid-19, kini dirinya juga positif. Bahkan, ketiga anaknya pun tengah was-was karena muncul gejala.

BACA JUGA :  Selama Mei, 102 Warga Ponorogo Meninggal Karena Covid

Berdasarkan data yang dihimpun istri HP dinyatakan positif beberapa waktu lalu. Karena ada penyakit penyerta, istri HP pun meninggal. Tidak lama, HP memeriksakan kondisinya melalui tes antigen, hasilnya positif. Kini HP menjalani isolasi mandiri di rumah dengan ketiga anaknya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pemkab Gresik dr Ummi Khoiroh mengatakan, saat ini keluarga tersebut tengah menjalani isolasi di rumah. Namun untuk anak HP cukup menderita. Sebab, HP memiliki tiga anak dan salah satunya berusia balita. “Ketiga anak ini muncul gejala,” imbuhnya.

Dokter lulusan Universitas Airlangga itu mengatakan, ketiga anaknya itu muncul gejala, pihaknya langsung melakukan tes Swab PCR. Namun hingga kini tes tersebut belum keluar. Maklum, hasil tes PCR di RSUD Ibnu Sina sedang antre ribuan sampel per hari.

“Dari gejalanya, ketiga anak itu menjurus ke covid. Karena itu langsung kami antisipasi untuk PCR tes,” ujarnya.

Dengan keadaan tersebut, Ummi berharap masyarakat lebih patuh terhadap protokol kesehatan. Seperti anak dari HP yang masih balita ini terpaksa kehilangan sosok ibu karena covid-19. “Sekarang kebutuhan dibantu oleh desa. Karena keluarga itu isolasi di rumah. Tidak kami rujuk ke Gejos juga karena  balita dan bergejala itu,” tutup Ummi. (bro)