NasDem Gagas Konferensi Antar Partai Jelang Pilpres 2024

Reporter : Ali Ibrahim - klikjatim.com

Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD Nasdem Jatim, Ipong

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Partai NasDem berencana menggelar konferensi antar partai untuk mengusung calon presiden pada gelaran Pilpres 2024 mendatang.

BACA JUGA :  946.351 Warga Tuban Tercatat sebagai DPS Pilbup 2020

Wakil Ketua Nasdem Jatim Bidang Organisasi Keanggotaan Kaderisasi Ipong Muchlissoni mengatakan, bahwa terkait Pilpres 2024 pihaknya tentu harus mendengar aspirasi, khususnya dari masyarakat Jatim.

“Kita tentu harus mendengar aspirasi masyarakat Jawa Timur, kalau kita bicara DPW Jawa Timur ya. Mendengar aspirasi itu menurut saya, di samping melalui tatap muka, ada metode lagi namanya survei. Kita belum sampai ke sana,” ujar Ipong, Kamis (21/10/2021).

Sementara untuk persiapan Pilpres 2024 sendiri, kata dia, DPP Partai NasDem juga telah menggagas dan mempersiapkan konferensi bersama sejumlah partai lain.

“Tentu kalau urusan pilpres, karena ini sifatnya nasional nanti akan menjadi domainnya DPP, ketua umum dalam hal ini. Seperti diketahui ketua umum sedang menggagas diadakannya konferensi antar partai. Misalnya Nasdem, Golkar, PKB berkumpul menjadi satu kira-kira koalisinya itu cukup untuk mengusung pilpres yang 20 persen itu,” ungkapnya.

Kendati demikian, Ipong menyebut jika gagasan tersebut belum clear atau masih dalam bentuk wacana. “Gagasan konferensi ini belum mengerucut kepada kesimpulan, ini masih sifatnya wacana,” tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan, konferensi antar partai itu sendiri bertujuan untuk mencari calon yang nantinya bakal diusung dalam pesta demokrasi 2024 mendatang.

“Konferensinya bukan NasDem saja yang menyelenggarakan tetapi gabungan partai yang kira-kira akan menjadi koalisi dan semuanya cukup 20 persen. Kalau Nasdem aja yang konferensi nanti tidak ada jaminan pemenangnya itu akan diusung karena kan nggak cukup (20 persen),” beber dia.

Hingga saat ini, Ipong menyebut ada sejumlah partai yang sudah melakukan komunikasi bersama Partai NasDem terkait konferensi antar partai tersebut. Di antaranya Golkar, PKB dan PKS.

“Golkar, PKB, PKS yang diajak. Sudah beberapa kali ketemu tapi belum deal. Untuk nama yang diusung NasDem belum ada, karena masih terlalu dini,” pungkasnya. (bro)