Meski Pandemi Covid-19, KB-TK YIMI Tetap Galakkan Program Unggulan dan Prestasi

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Guru dan beberapa siswa saat mempersiapkan lomba virtual. (Faiz /klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Meski di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir hingga sekarang di Indonesia, tapi peningkatan belajar anak-anak didik terus digalakkan. Termasuk salah satunya di Kelompok Bermain (KB) Taman Kanak-kanak (TK) YIMI, yang terus menggalakkan program unggulan dan prestasi bagi peserta didiknya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). 

BACA JUGA :  Jember Lepas Santri ke Luar Kota

Misalnya tahun 2021 ini. Diakui memang tidak banyak event perlombaan, namun anak-anak TK YIMI masih bisa menorehkan prestasi dengan nyabet juara harapan 3 Pemilihan Da’i Cilik (Pildacil) se Kabupaten Gresik.

“Alhamdulillah di tahun 2021 ini siswa kami, Khadijah juara harapan 3 Pildacil se Kabupaten Gresik,” ungkap Kepala Sekolah KB TK YIMI, Kristantin, S.pd, Selasa (21/9/2021).

Selain itu, juga ada tujuh anak yang sedang persiapan mengikuti lomba tingkat kabupaten. Antara lain lomba sholawat, telling story, fashion, lomba membaca cerita bahasa Indonesia, dan tahfidz alqur’an.

Juara 3 Pildacil se Kabupaten Gresik, Khadijah didampingi Kepala Sekolah, Kristantin saat menunjukkan trophy dan penghargaan yang berhasil diraihnya. (Faiz/klikjatim.com

“Semua sudah kami persiapkan beberapa lomba itu. Yang batas akhir pengiriman video yang akan dilombakan tanggal 23 September 2021 secara virtual. Kami terus melatih siswa pasca sekolah,” terangnya. 

Dijelaskan, bahwa sekolah yang ada di Jalan Keramat Langon, Sumberrejo, Pulopancikan, Kecamatan/Kabupaten Gresik ini mempunyai program unggulan untuk meningkatkan etika siswa sesuai ajaran yang dibawa Rosulullah Muhammad SAW. 

“Salah satunya program unggulan dengan aplikasi alqur’an yang diajarkan setiap masuk sekolah. Dengan langsung menerapkan apa yang terjadi di kehidupan anak. Semisal, ada anak yang bertengkar, maka siswa nanti langsung memberikan nasehat dengan spenggal ayat yang ada di aplikasi alqur’an itu, atau juga saling memotivasi sesama siswa,” paparnya. 

Tidak hanya itu. Namun, juga ada program lainnya saat ada peringatan hari besar Islam (PHBI). Contoh setiap bulan Muharram ada kegiatan doa bersama dan santunan anak yatim dan du’afa).

Begitu juga pada hari-hari besar islam lainnya seperti maulid nabi, isro’ mi’roj, dan momen-momen yang lain. Tentunya kegiatan pada masa pandemi Covid-19 ini digelar dengan tetap disiplin prokes.

“Ada yang namanya service learning, kalau puasa kita berbagi nasi di jalan (ta’jil). Zakat ditambah dengan gula, minyak dan uang. Anak-anak kami ajarkan untuk suka terhadap apa yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW),” jelasnya. 

Selanjutnya, untuk ekstrakulikuler di salah satu sekolah favorit di Kota Santri—sebutan untuk Kabupaten Gresik—ini juga terdapat beragam kegiatan. Yaitu ngaji, membaca tulis berhitung (Calistung).

Salah satu siswa didampingi orang tua melakukan prokes dengan mencuci tangan saat hendak masuk ke sekolah. (Faiz/klikjatim.com)

Adapun pelaksanaannya dengan sistem pembelajaran yang sudah berjalan di masa Pembelajaran Tatap Muka (PTM). “Para siswa belajar dengan durasi 1 (satu) jam setengah. Setengah jam untuk ekstrakulikuler dan satu jamnya pelajaran. Insyallah kalau ada tambahan waktu ada pembelajaran ekstrakulikler orgen dan angklung,” tambahnya. 

Dalam pelaksanaan PTM terbatas, sekolah di bawah Yayasan Islam Malik Ibrahim ini menerapkan pola masuk ke sekolah secara bergantian atau gelombang. Untuk gelombang pagi dimulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Sedangkan gelombang kedua mulai pukul 09.00 WIB sampai 10.30 WIB. 

“Dengan pembagian lima siswa per kelas, dengan jaga jarak dan protokol kesehatan,” beber Kristantin. 

Sekedar diketahui bahwa jumlah siswa TK YIMI tercatat ada 69 siswa dan KB terdapat 10 siswa.

Saat ini KB TK YIMI juga sudah membuka pendaftaran siswa baru dengan mengundang beberapa lembaga agar mengikuti open school pada bulan Oktober dan November 2021. (nul)