Menuju Harlah Muslimat NU 78, Ibu-ibu di Jombang Lomba Memasak Berebut Piala Ketum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa

Reporter : Diana - klikjatim.com

Ketua PC Muslimat NU Jombang Mundjidah Wahab di tengah lomba memasak (Diana/Klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Jombang – Dalam rangkaian hari lahir (Harlah) organisasi Muslimat Nahdlatul Ulama ke 78, ratusan ibu-ibu di Kabupaten Jombang ikuti lomba memasak memperebutkan piala Ketua Umum PP Muslimat, Khofifah Indar Parawansa.

Dengan tema ‘Membangun Ketahanan keluarga untuk Menguatkan ketahanan Indonesia’, empat kecamatan yakni Perak, Mojoagung, Mojowarno, Gudo di Jombang yang terpilih menyelenggarakan lomba masak dan pasar murah, salah satunya digelar hari ini Sabtu 22 Juni 2024 di Balai Desa Sukorejo, Kecamatan Perak.

Sebanyak 25 kelompok dari masing-masing ranting Muslimat di Kecamatan Perak bersaing untuk menjadi pemenangnya, dengan menu-menu masakan sehat yang menjadi andalan dalam lomba memasak sekampung jawa timuran ini.

“Jadi ini program dari Ibu Khofifah, bagaimana Ibu Muslimat sehat, bahagia. Dimulai dengan makanan dalam rumah yang sehat. Dan selain itu harus tahu bagaimana penyajian yang menarik,” kata Ketua PC Muslimat Jombang, Mundjidah Wahab.

Mundjidah mengungkapkan jika rangkaian Harlah Muslimat NU ke 78 digelar dengan berbagai kegiatan lain, seperti senam untuk kesehatan, qasidah dengan syiar Islam, juga pengajian sebagai puncak kegiatan yang akan dihadiri langsung oleh Khofifah Indar Parawansa sebagai Ketua Umum PP Muslimat.

“Sebagai rangkain Harlah, saat ini juga saat ini juga sudah ada yang memulai lomba qasidah di kecamatan lain,” tambah Wanita yang juga Bupati Jombang Incumbent ini.

Baca juga: Idul Adha 1445 H, Petrokimia Gresik Salurkan Hewan Kurban ke Ponpes Tebuireng Jombang dan Wilayah Operasional

Selain itu dalam kegiatan lomba memasak juga digelar pasar murah, harapannya untuk membatu menggerakkan perekonomian masyarakat, juga mendukung UMKM terutama di kalangan Muslimat.

“Di samping itu, dari lomba memasak ini diharapkan bisa meningkatkan usaha-usaha atau UMKM yang digerakkan Muslimat, dapat berkembang dengan baik,” terangnya.

Selain mendapatkan piala Khofifah, para juara lomba memasak se-kampung jawa timuran ini juga akan mendapatkan uang pembinaan dari Mundjidah Wahab untuk menambah semangat para peserta.

“Ini juga sebagai program memasyarakatkan untuk Ibu Khofifah yang kita dukung untuk maju kembali sebagai Gubernur. Selain dapat pialah Ibu Khofifah juga dapat hadiah dari saya,” pungkas Mundjidah. (qom)