MELAS Rek, Atlet Peraih Medali Emas Asal Bawean Hanya Dikasih Bonus Rp 250 Ribu

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Farid berfoto bersama istri dan anaknya usai mengikuti PON XX di Papua mewakili Provinsi Jatim.

KLIKJATIM.Com | Gresik—Salah satu atlet sepak takraw asal Kabupaten Gresik, Farid (25) berhasil turut mempersembahkan emas mewakili Provinsi Jatim di Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua.

BACA JUGA :  PKB Pastikan Pengganti Gus Yani di DPRD Gresik dari Luar Dapil Asal

Farid merupakan pemuda asal Sumberlanas, Desa Talukjatidawang, Kecamatan Tambak, Kepulauan Bawean. Bukan kali ini saja Farid mengharumkan Kabupaten Gresik. Total 11 medali, baik emas, perak maupun perunggu berhasil diraihnya.

Kepulangan Farid dari Papua disambut antusias di Bandara Juanda oleh KONI Jatim. Namun, setibanya di Gresik, Farid mendapatkan sambutan berbeda. Bahkan untuk pulang ke Bawean, Farid harus mengeluarkan uang sendiri.

“Sampai di Gresik didatangi salah satu pengurus KONI Gresik, diajak makan terus dikasih uang Rp 250 ribu,” katanya kepada klikjatim.com, Senin (18/10/2021).\

Bahkan, untuk penginapan selama menunggu pelayan ke Bawean, sebagai atlet yang berhasil mewakili Gresik dan meraih medali, Farid harus mengeluarkan biaya sendiri. Beruntung, sewaktu pelayaran ke Bawean, bapak satu anak ini masih kebagian tiket kapal.

“Hampir tidak bisa pulang karena tiket kapal habis. Untungnya masih kebagian,” cerita dia.

Hingga saat ini belum ada komunikasi lebih lanjut kepada Farid. Baik dari KONI Gresik maupun dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Gresik.

Ketua KONI Gresik dr Anis Ambiyo Putri melalui Sekretaris Umum KONI Gresik Imam Junaidi Kusumo menerangkan, atlet yang juara seperti Farid ada apresiasi dari Pemkab Gresik. Dalam hal ini Pemkab Gresik memberikan uang pembinaan kepada para juara.

“Apakah nanti ada kesempatan peluang reward penghargaan berkarir. Itu nanti kewenangan bapat Bupati mas. Yang jelas ada hadiah uang pembinaan,” ungkapnya.

Sedangkan terkait pembiayaan sendiri tiket kapal pulang Farid atlet asal Bawean. Junaidi sapaan akrabnya menampik informasi itu. Pihaknya melakukan koordinasi dengan pengurus Koni yang ketepatan juga akan ke Bawean.

“Sehingga Farid juga diikutkan rombongan Bupati saat pulang itu sudah difasilitasi Pemkab Gresik,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Agustin Halomoan Sinaga mengatakan, Pemkab Gresik akan memberikan apresiasi kepada Farid. Hingga saat ini, lanjut Sinaga, pihaknya masih menjadwalkan pemberian apresiasi kepada atlet asal Gresik berprestasi.

“Kami akan berikan apresiasi. Nanti Pak Bupati yang akan langsung memberikan apresiasi,” ujarnya.(mkr)