Masyarakat Umum Dominasi Vaksinasi Pra Lansia di Tulungagung

Reporter : Iman - klikjatim.com

Kegiatan vaksinasi Covid di Kabupaten Tulungagung

KLIKJATIM.com | Tulungagung – Vaksinasi Covid-19 secara drive thru dengan sasaran Pra Lansia yang berusia 50 sampai 60 tahun dan masyarakat umum digelar di Tulungagung mulai Senin (14/06/2021) kemarin.

BACA JUGA :  Muat Kayu Hasil Pembalakan Liar di Pasuruan, Sopir Pikap Asal Gempol Diamankan

Dinas Kesehatan Tulungagung menargetkan 1000 Pra Lansia dan masyarakat umum bisa terjaring dalam vaksinasi yang digelar selama dua hari ini.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Tulungagung, Didik Eka P mengatakan, disaat yang bersamaan terdapat 38 fasilitas kesehatan di Tulungagung yang menggelar vaksinasi juga,oleh sebab itu pihaknya tidak hanya membatasi peserta vaksinasi drive thru di GOR untuk Pra Lansia saja namun sasaran diperluas untuk masyarakat umum juga.

Hal ini dilakukan agar capaian penerima vaksin di Tulungagung bisa semakin luas dan semakin banyak masyarakat yang terlindungi dengan vaksinasi ini.

“Hari ini memang 38 Faskes menggelar vaksinasi serentak, jadi sasarannya kita perluas menjadi masyarakat umum juga, agar capaian vaksinasi bisa semakin luas,”ujar Didik Eka.

Pihaknya menjelaskan, masyarakat umum yang bisa menerima vaksin merupakan mereka yang secara kesehatan memenuhi syarat dan cukup membawa kartu identitas saja. “Nanti KTP nya difotokopi, sudah itu saja syaratnya dan harus dalam kondisi sehat,”terangnya.

Didik menyebut, capaian vaksinasi saat ini ada di angka 58%, dari jumlah target sasaran sebanyak 177.969 jiwa. Mereka ini adalah 5.263 tenaga medis di tahap pertama, kemudian pelayan publik sebanyak 45.937 jiwa dan Lansia sebanyak 67.000 jiwa di tahap kedua.

Sedangkan untuk tahap ketiga, pihaknya belum mendapatkan data pasti jumlah sasaran,hanya saja sesuai dengan prediksinya, untuk jumlah Pra Lansia di Tulungagung ada di kisaran 333.000 jiwa.

“Untuk Pra Lansia, masyarakat umum dan mereka yang rentan juga masuk dalam tahap ketiga, sudah kita mulai hari ini,”ungkapnya.

Sementara itu PIC Penjualan Putra Rinjani Tulungagung, Hariyanto mengaku mendukung dengan pelaksanaan vaksinasi ini, pihaknya juga mendorong karyawan di unit usahanya untuk ikut mendapatkan vaksin Covid-19.

“Untuk karyawan sudah kita dorong agar ikut vaksin semua mas, kita juga mendukung upaya Dinkes ini guna memaksimalkan capaian vaksinasi dengan kemampuan yang kita punya,” tuturnya.

Pihaknya berharap, upaya pemerintah meluaskan jangkauan vaksin bisa terwujud, sehingga potensi penyebaran Covid-19 di Tulungagung bisa diminimalkan. (rtn)