Mari Cegah dan Lawan Corona Bersama-sama

Reporter : ratno dwi santo

WABAH Corona yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, RRC tahun 2019 lalu menghentak dunia. Tidak hanya Cina yang kelabakan, hampir seluruh negara dunia termasuk Indonesia juga kewalahan menangani penyebaran virus yang menyerang saluran pneunomia tersebut.

Pemberitaan tentang corona hampuir 3 bulan ini menghiasai seluruh ruang berita di media elektronik, cetak, radio maupun online. Bahkan dalam pembahasan di media sosial, penyebaran virus corona deseas 19 atau Covid-19 membanjiri kanal informasi di whatsapp, facebook, instagram, line, youtube dan kanal medsos lainnya.

Maraknya pemberitaan itu menjadi sebuah kesimpula, bahwa covid-19 menjadi musuh bersama yang harus dicegah, diperangi dan dibasmi dari muka bumi. Klikjatim.com sebagai kanal media online berbasis di Jawa Timur senantiasa mengikuti dan menginformasikan semua perkembangan tentang covid-19 di seluruh Jawa Timur. Sejumlah kebijakan tentang corona di level nasional tetap kami sajikan.

Kami menyadari pemberitaan tentang corona banyak mengundang perdebatan di kalangan netizen. Ada pro dan kontra apakah wabah corona harus ditampilkan vulgar, apakah harus menjadi berita utama, apakah harus menyebutkan lokasi kejadian dan identitas pasien. Namun kami tetap berpegang pada aturan main dalam UU 40/1999 tentang pers serta kode etik jurnalistik, dan aturan main yang ditetapkan oleh Dewan Pers.

Seluruh informasi yang kami sajikan telah kami saring, himpun dan olah berdasarkan data empiri, normatif dan data-data pendukung yang kami ambil melalui wawancara, pennelusuran hingga mendatangi lokasi kejadian. Hanya saja, ada beberapa berita yang kadang kurang akurasinya, namun itu semata kami lakukan agar pembaca bisa mengakses informasi secapatnya. Dalam kesempatan berikutnya, data dan keterangan pasti akan kami tindaklanjuti hingga terkonfirmasi semua berita tersebut.

Kini kami ingin kembali menegaskan, Klikjatim.com mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran virus tersebut dengan menampilkan berita-berita terkait upaya dan langkah pemerintah. Kami juga tetap mengabarkan semua kejadian yang ada di Jawa Timur melalui reportase yang bertanggungjawab. Termasuk juga kami akan menampilkan link media yang kami kutip.

Kedepan, kami akan berupaya menampilkan berita keberhasilan pemerintah, tim dokter dan pasien yang lolos dan sembuh dari virus corona. Harapan kami, dengan berita tersebut muncul semangat bagi pembaca untuk meyakini bahwa virus corona bisa kita sembuhkan dan kita hilangkan. Semoga. (*)