Maling Hp di Warkop Barokah Gresik Ketangkap, Pelakunya Orang Suci

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Tersangka Umar Buang saat diapit Anggota Unit Reskrim Polsek Manyar. (Faiz/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Kasus pencurian handphone (Hp) di Warung Kopi (Warkop) Barokah yang beralamat di Jalan Poros Banjarsari, Desa Banjarsari, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, akhirnya terungkap. Dari hasil penyelidikan polisi, ternyata pelakunya berasal dari Desa Suci, Manyar.

Tersangka diketahui bernama Umar Buang (39), warga Gang Tol Selatan RT/RW 4 Desa Suci. Ia dapat diamankan oleh Anggota Unit Reskim Polsek Manyar di rumahnya sekitar pukul 07.30 WIB. 

Kanit Reskrim Polsek Manyar, Ipda Joko Suprianto mengatakan, aksi pencurian di Warkop Barokah ini terjadi sekitar pukul 05.00 WIB pada Kamis (13/1/2022). Setelah menerima laporan, pihak kepolisian langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Berkat rekaman Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di warkop, sehingga memudahkan polisi untuk mengidentifikasi pelakunya. Dari rekaman itu tersangka terlihat santai masuk ke dalam Warkop yang sudah tutup.

Lalu, tersangka pun mengambil HP dan dompet yang berada di warung setempat. “Pelaku mengaku memang telah mencuri satu Handphone Realme C11 warna Abu-abu dan satu buah dompet berisikan uang tunai Rp92 ribu di warung yang saat itu tutup,” ungkap Joko, Jumat (14/1/2022). 

Selain meringkus tersangka, Korps Bhayangkara ini juga mengamankan sejumlah barang bukti. Antara lain 1 HP Realme C11 warna Abu-abu, dosbook HP Realme C11 warna abu-abu, sebuah dompet yang berisikan uang tunai Rp92 ribu. 

“Pelaku dijerat pasal dugaan tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHP,” tandasnya. (nul)