Maling di Surabaya Pilih Curi Aki daripada Mobilnya

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Surabaya–Unit Reskrim Polsek Genteng Surabaya berhasil membekuk Asmad, spesialis pencuri accu atau aki kendaraan roda empat di kawasan Kota Surabaya.

BACA JUGA :  Didatangi Kapolres, Anwar Zahid Diminta Tak Lupa Sosialisasikan Protokol Kesehatan ke Jamaah

Kini warga Jalan Sidotopo Dipo Barat 4 itu harus rela mendekam di sel tahanan usai tertangkap polisi saat dirinya sedang di pinggir Jalan Raya Undaan Kulon, Surabaya, pada Sabtu (24/4/2021) lalu, sekitar pukul 15.00 WIB.

Menariknya, dari pengakuan Asmad, ia lebih memilih mencuri aki ketimbang mencuri mobil. Pasalnya, kata dia, mencuri mobil itu lebih sulit.

Kanit Reskrim Polsek Genteng Iptu Sutrisno mengungkapkan, dalam aksinya tersangka berkeliling mencari sasaran mobil pickup atau truk yang terparkir di pinggir jalan dan sedang ditinggalkan oleh pemiliknya.

Setelah mendapatkan sasaran, kemudian tersangka langsung berhenti dan membongkar aki truck di lokasi dengan menggunakan kunci dan langsung membawa pergi hasil curianya.

Sementara itu, lanjut Iptu Sutrisno, tersangka ditangkap setelah ia melakukan aksi pencurian di Jalan Undaan Kulon dan pergi membawa hasil curiannya itu menggunakan motor.

“Tersangka langsung dikejar oleh anggota dan diamankan. Saat itu pemilik datang memberitahu jika pelaku habis mencuri aki truk miliknya,” beber Iptu Sutrisno, Selasa (4/5/2021).

Dari hasil introgasi, pelaku diketahui telah 4 kali melakukan hal serupa. Di antaranya, pada 14 April 2021 mencuri Aki mobil Pick Up merk Yuasa di Jalan Kalianyar. Kemudian pada 15 April 2021 mencuri Aki mobil Truck merk GS di Jalan Sidotopo Surabaya.

Selanjutnya pada 17 April mencuri aki mobil truk di Jalan Ahmad Jais Surabaya, dan pada 21 April 2021 di Jalan Wiyung Surabaya mencuri Aki Truck merk Yuasa.

Sedangkan dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 buah Aki Truck merk GS, 1 buah kunci pas 12 beserta kotaknya dan 1 unit motor Honda Vario merah. (mkr)