Makam Desa Brengkok Lamongan Longsor Timpa Rumah,  Satu Orang Tewas  

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Bagian rumah warga yang hancur akibat plengsengan tanah makam desa yang longsor. IST

KLIKJATIM.Com I Lamongan –   Salah satu rumah warga  Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, hancur tertimpa longsoran plengsengan makam desa.  Ada dua orang yang berada di rumah tersebut saat kejadian, satu diantaranya meninggal dunia. “Korban meninggal dunia atas nama Risni sudah dimakamkan di pemakaman Desa Sendangduwur, saat kejadian korban tengah tidur terlelap ,” tukas Kasi Tanggap Darurat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan Muslimin.

BACA JUGA :  Job Market Fair Usaha Mengatasi Gelombang PHK di Lamongan
Muslimin, menerangkan, peristiwa nahas tersebut terjadi dinihari  pukul 01.00 WIB, Senin (02/11/2020). Diketahui rumah yang runtuh itu  milik Munjari. longsor terjadi ketika sedang berlangsung hujan lebat di wilayah Pantai Utara (Pantura) Lamongan.  Derasnya air hujan menyebabkan genangan dan tanah menjadi gembur.
Akibatnya tembok penahan tanah makam Dusun Cumpleng, Desa Brengkok longsor. Menimpa rumah milik Munjari, yang berada tepat di bawah.  “Bangunan rumah juga ikut roboh,” lanjut Muslimin.
Saat itu ada  dua orang penghuni rumah yang sedang tidur yaitu Sholihah (26)  mengalami luka ringan. Satu lahi  Risni, warga Desa Sendangduwur, Kecamatan Paciran, yang sedang berkunjung ke rumah menantunya itu meninggal saat mendapatkan perawatan medis.  
BPBD Lamongan sendiri telah turun ke lokasi bersama Pemdes Brengkok dibantu anggota TNI untuk membersihkan sisa reruntuhan rumah yang roboh itu dan memberikan bantuan kepada korban.(rtn)