Madura United Sengaja Melepas Satria Tama

Reporter : Redaksi - klikjatim

Satria Tama Hardiyanto hengkang dari madura united fc. IST

KLIKJATIM.Com I Bangkalan –  Ada asap pasti ada api. Setiap kejadian ada penyebabnya. Pun demikian dengan kepergian mantan kiper timnas U-22 Indonesia,  Satria Tama, dari skuad Madura United. Berdasar evaluasi performanya menurun sehingga kontraknya tak diperpanjang.

BACA JUGA :  Pemanasan Ladeni Junior, Arema FC Sempat Kebobolan

Satria Tama menyampaikan salam perpisahan melalui unggahan di akun Instagram miliknya pada Rabu (17/2/2021). Penjaga gawang berusia 24 tahun itu turut mengucapkan terima kasih kepada manajemen dan pendukung setia Madura United. 

Satria Tama menjadi pemain lokal kedua yang memutuskan angkat kaki dari Madura United sebelum Liga 1 2021 bergulir.  Sebelumnya, Madura United telah kehilangan Syahrian Abimanyu karena pindah ke klub Malaysia, Johor Darur Takzim, kemudian dipinjamkan ke Newcastle Jets.

Madura United ternyata sengaja melepasnya karena kontrak Satria Tama telah habis dan tidak diperpanjang.  Kontrak Tama tidak diperpanjang usai pertimbangan evaluasi dari tim kepelatihan Laskar Sape Kerrab.

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan mengatakan tidak adanya garansi Tama bermain. Sehingga  menempuh kebijakan dengan melepas Satria Tama Hardianto, kiper yang sudah mengabdi tiga musim terakhir.

Awalnya, Satria Tama mendapat ekspektasi untuk mempertangguh mistar gawang tim. Sayang, performanya kian menurun pada dua musim terakhir.  Satria Tama mengawali kiprahnya sebagai kiper utama MU dengan catatan 24 caps dan kebobolan 20 gol pada musim 2018.

Namun, eks kiper Persegres Gresik United itu hanya mencicipi 6 caps selama musim 2019 dan belum sempat bermain musim 2020. “Semua keputusan soal penjaga gawang, kita berikan sepenuhnya kepada pelatih kiper saat evaluasi tim 2020,” kata Rahmad Darmawan.

Sebenarnya keputusan ini memberi kesempatan Satria Tama untuk bermain lebih banyak lagi agar kariernya lebih berkembang. Sedangkan tim mulai menjalankan regenerasi, seperti yang sudah diinstruksikan presiden klub untuk mengakomodir produk Madura United Football Academy.

Kini MU menyisakan dua nama sebagai kiper senior MU yakni Muhammad Ridho dan Muhammad Ridwan. Selain itu ada Achmad Fawaid sebagai pemain usia muda.   “Saat ini  butuh 2 pemain usia muda untuk melapisi 2 senior,” kata Rahmad Darmawan.(rtn)