Lumpaja Jatim Gandeng Ojol Kirim Bahan Pokok

Reporter : Redaksi - klikjatim

Gubernur Jatim Khofifah saat melepas ojol yang mengirim bahan makanan dari Lumbung Pangan Jatim.

KLIKJATIM.Com|Surabaya – Lumbung Pangan Jatim (Lumpaja) menggandeng operator ojek online dan kurir PT Pos Indonesia untuk mengirim bahan pokok. Kerjasama ini sebagai upaya Pemerintah Provinsi dalam memperluas layanan kirim di lumbung pangan Jatim (Lumpaja), dari 19 daerah menjadi 28 daerah.

BACA JUGA :  Pemkot Malang Bebaskan Sewa Rusun dan Pelanggan PDAM Golongan I

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menjelaskan, msyarakat yang melakukan pembelian secara online akan dilayani pengirimannya dengan gratis. Sebelumnya, layanan bebas ongkir itu hanya di Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Kota Mojokerto, Pasuruan, Kota Pasuruan, Bangkalan, Malang, Kota Malang dan Kota Batu. Kini ditambah ke daerah Jombang, Nganjuk, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Kota Madiun.

Usai melaunching perluasan area layanan di Gedung Negara Grahadi, Khofifah, mengatakan tren belanja online masyarakat Jatim terus meningkat. Transaksi pembelian masyarakat di Lumbung Pangan mulai bergeser secara non tunai. Perluasan layanan Lumpaja ini, merupakan program yang disiapkan oleh Pemprov Jatim untuk memberikan layanan lebih murah dan terjangkau, di tengah pandemi.

Keterjangkauan layanan adalah keterjangkauan anggaran yang biasanya mendapatkan subsidi menjelang puasa atau hari besar lewat operasi pasar, namun saat pandemi COVID-19 diganti keterjangkauan mendapat bahan logistik. “Perluasan keterjangkauan kepada masyarakat yang membutuhkan harus dilakukan secara sistemik akan ketersediaan logistik pangan dan memastikan harga di bawah harga pasar,” ungkapnya.

Dia bersyukur perluasan layanan Lumpaja telah merambah 19 kabupaten/kota dari 38 kabupaten/kota se Jawa Timur, atau 50 persen total wilayah. (hen)