Lukisan Bernilai Puluhan Juta Dipamerkan di Sidoarjo

Reporter : Satria Nugraha - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com I Sidoarjo—Pameran lukisan digelar di Pendapa Delta Sabha Disporapar Sidoarjo. Ada 80 lukisan dengan harga puluhan juga dipajang mulai 2-8 Oktober 2020.

[irp]

Ketua Panitia Pameran Lukisan Nasional Akbar 1, Supaat Margie mengatakan, pameran kali ini adalah pameran lukisan yang pertama kali digelar di masa pandemi. “Semua sektor terimbas, termasuk kami para seniman lukis. Ini merupakan momen kebangkitan teman-teman pelukis untuk kembali mengeksplorasi karyanya setelah diterjang pandemi,” jelas Supaat, Jumat (2/10/2020).

Supaat melanjutkan, pameran ini diikuti oleh 80 perupa se-Nusantara dengan aneka aliran lukisan. Supaat sendiri memamerkan lukisan impresionis berjudul ‘predator’ dengan visual enam ekor burung rajawali dengan latar belakang kepala harimau. “Kalau di alam, mereka ya predator. Sedang dalam kehidupan nyata, hal ini menyiratkan kekuasaan,” ujar pelukis yang juga seorang arsitek ini.

Korcab IPI Sidoarjo Didik Maruf mengakatan, ada enam pelukis Sidoarjo yang mengikuti pameran kali ini. Ia berharap, even pameran nasional ini juga menjadi perangsang kebangkitan pelukis di Kota Delta. “Kami rasa, bentuk pameran langsung seperti ini sangat efektif untuk memamerkan karya pelukis ketimbang melalui media sosial. Kami berharap, pameran seperti ini rutin digelar,” ucap Didik.

Dari 80 karya yang dipajang, ada dua lukisan yang terlihat mencolok, baik dari segi ukuran maupun komposisi . Yang pertama adalah karya perupa Mujihit yang berjudul Koi Koi Hoki dan bersinergi karya perupa M Nasruddin. Keduanya sama bertemakan ikan. Dan keduannya sama-sama dijual seharga Rp 35 juta. (mkr)