Larangan Mudik, Jadi Salah Satu Prioritas Operasi Keselamatan Semeru 2021

Reporter : Iman - klikjatim.com

Kapolres saat memeriksa kesiapan kendaraan petugas.

KLIKJATIM.com | Tulungagung – Puluhan anggota Polres Tulungagung, TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Tulungagung mengikuti gelar pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2021, pada Senin (12/04) di halaman Mapolres Tulungagung.

BACA JUGA :  Ditindih Tronton Muatan Pasir, Rumah Warga Kembangan Gresik Ambruk Rata dengan Tanah

Dihadapan peserta apel, Kapolres Tulungagung, AKBP Handono Subiakto mengingatkan agar ratusan anggota yang disiagakan dalam operasi kali ini agar tetap waspada dalam bertugas.

Potensi dan kerawanan dini atas teror kepada petugas, oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab, menjadi hal lain yang disampaikan kepada anggota. 
“Antisipasi dan pencegahan dini teror yang bisa saja terjadi kepada petugas,” ujarnya.

Handono menyebut, pencegahan penyebaran Covid-19 masih menjadi atensi pihaknya, hal ini dilakukan karena masa pandemi belum selesai. “Pencegahan Covid-19 juga kita sampaikan, agar selama bertugas juga memberikan sosialisasi tentang pencegahan Covid-19,” jelasnya.

Larangan mudik yang disampaikan oleh pemerintah pusat, menjadi atensi pihaknya. Handono mengakui sudah memetakan beberapa lokasi untuk penyekatan kendaraan yang akan mudik ke Tulungagung, namun untuk kepastian lokasinya masih menunggu petunjuk pimpinan.

“Memang ada beberapa lokasi yang akan digunakan sebagai lokasi penyekatan, tapi pelaksanaanya menunggu perintah pimpinan,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo mengaku mendukung aturan larangan mudik oleh pemerintah pusat. Pihaknya berharap, warga Tulungagung bisa memahami kondisi ini dan meminta saudaranya yang ada di luar kota agar mengikuti aturan yang ada, dan tidak mudik seperti aturan pemerintah pusat.

“Kita mendukung aturan pemerintah tersebut, kita ingatkan agar warga mengingatkan keluarganya untuk tidak pulang,” pungkasnya. (ris)