Lapas Kelas II A Sidoarjo Beri Bekal Kemampuan Berwirausaha kepada Warga Binaan Jelang Bebas

Reporter : Satria Nugraha - klikjatim.com

D’Prodeo Café di lingkungan Lapas Sidoarjo yang bisa dinikmati masyarakat umum

KLIKJATIM.Com I Sidoarjo – Lapas Kelas II A Sidoarjo memberi bekal kemampuan berwirausaha kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) menjelang masa pidana berakhir.

BACA JUGA :  Asyik Makan Bakso Bersama Teman Pria, Perempuan Ini Dihantam Gelas Suaminya

Sedikitnya ada 10 WBP yang mengikuti program asimilasi dilibatkan dalam pembekalan ini. Mereka diberdayakan di lima lini usaha di lingkungan lapas yang terletak di Barat alun-alun Sidoarjo ini, diantaranya D’prodeo Café, cuci mobil dan motor, bengkel mobil, barbershop serta budidaya ikan lele dan nila.

“Kita libatkan sepuluh WBP untuk mengikuti sarana asimilasi dan edukasi. Kita rekrut mereka melalui beberapa proses seleksi hingga mereka memenuhi syarat substansi dan administrasi. Kami berharap setelah masa tahanan berakhir, mereka mempunyai kemampuan berwirausaha,” terang  Kepala Keamanan Lapas Kelas II A Sidoarjo Prayogo Mubarak.

Ia melanjutkan, proses seleksi tersebut juga didasarkan atas hobi dan ketrampilan para WBP.

Prayogo menambahkan, lima lini usaha yang berada di halaman depan tidak hanya bisa dinikmati para WBP dan pegawai Lapas saja, namun juga untuk masyarakat umum. “Sambil mencuci mobil atau motor misalnya, mereka bisa menikmati menu di D’prodeo Café, atau sekalian cukur rambut,” jelasnya.

Selama bekerja, mereka juga mendapatkan premi dalam bentuk tabungan yang bisa diambil ketika masa pidana WBP berakhir. Lima lini usaha Lapas Kelas Kelas II A tersebut buka mulai jam 08.00 hingga 17.00.

Salah satu pelanggan D’prodeo Café, adalah Aini. Sambil menunggu motornya selesai dicuci, ia seringkai menikmati minuman kesukaanya. “Minuman favorit saya adalah kopi janji bui. Sangat enak. Asalkan saya tidak hanya diberi janji,” ucapnya diiringi tawa. (bro)