Lansia Blitar Kurang Antusias Vaksinasi, Pemkot Jemput Bola

Reporter : Much Taufiqurachman Wahyudi - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com I Blitar – Program vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia atau lansia terus dikebut Dinas Kesehatan Blitar. Salah satunya dengan menggencarkan vaksinasi di Kelurahan. Sayangnya, masih banyak warga yang tak berangkat vaksinasi.

BACA JUGA :  Masa Tenang, Cawabup Sidoarjo Dwi Astutik Ziarah ke Makam Orang Tua

Berdasar data di Dinas Kesehatan Kota Blitar, capaian vaksinasi lansia masih belum memenuhi target. Prosentasenya masih di bawah 70 persen dari total sasaran sebanyak 10.734 lansia.

“Waktu yang tersisa ini kami gunakan untuk terus turun ke lapangan. Ini dalam rangka mewujudkan capaian persentase,” tutur Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, Didik Jumianto.

Dia mengungkapkan, ada beberapa kendala mengapa vaksinasi lansia belum memenuhi target. Salah satunya yakni lansia yang menjadi sasaran tidak datang pas penjadwalan. Padahal, sebelumnya sudah masuk dalam program pendataan.

Sampai saat ini dari total 21 kelurahan di tiga kecamatan, ada tujuh kelurahan yang bakal melangsungkan vaksinasi. “Yang sudah selesai seperti Kelurahan Klampok. Lainnya masih terus kami genjot,” imbuhnya.

Didik menambahkan, data per Senin (7/6), capaian vaksinasi lansia dosis pertama masih 33,99 persen atau 3.648 lansia. Di satu sisi dosis kedua baru 17,05 persen atau 1.830 lansia dari total sasaran 10.734 lansia.

“Kami terus berupaya agar capaian minimal 70 persen bisa terpenuhi,” pungkasnya. (*)