KPU Gresik Lantik Ribuan PPS, Tiga Orang Diduga Pengurus Parpol

Reporter : Koinul Mistono - klikjatim.com

Prosesi pelantikan Anggota PPS pada Pemilu 2024 di Kabupaten Gresik. (ist)

KLIKJATIM.Com | Gresik – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik, resmi melantik sebanyak 1.068 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Prosesi pelantikan berlangsung di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Gresik, Selasa (24/1/2023).

Namun dari informasi yang dihimpun, ada tiga orang anggota PPS diduga merupakan pengurus salah satu partai politik (parpol). Sesuai data yang diterima klikjatim.com menyebutkan bahwa ketiganya diduga masuk dalam jajaran pengurus ranting di wilayah Kecamatan Dukun.

Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM, Makmun membantah adanya dugaan di antara anggota PPS yang dilantik merupakan pengurus salah satu parpol. “Kalau ada bukti akan kita tindaklanjuti sesuai ketentuan mas,” jawab singkat Makmun, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp-nya kepada klikjatim.com.

Sementara itu Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur (Jatim) Devisi Data dan Informasi, Nurul Amaliyah mengingatkan agar para anggota PPS, memegang teguh pakta integritas. Hal tersebut merupakan janji terhadap diri sendiri, agar tidak melakukan praktek Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) dalam menjalankan tugas, serta mensosialisasikan seluruh tahapan pemilu kepada masyarakat.

“Tolong pakta integritasnya dilaminating dan ditempel di tembok agar selalu menjadi pengingat,” jelas Nurul dalam siaran persnya yang dikirim oleh KPU Kabupaten Gresik.

Nurul juga mengingatkan agar menjaga ritme kerja dan kesehatan dengan baik. Karena kejadian banyak yang sakit pada tahun 2019 menjadi pelajaran berharga dan jangan sampai terulang. (nul)