Kontrol Kebocoran Air, Perumda Tugur Tirta Malang Gunakan Panel Surya

Reporter : Ali Ibrahim - klikjatim.com

Panel surya untuk kontrol kebocoran air yang dikembangkan Perumda Giri Tirta Kota Malang

KLIKJATIM.Com | Malang – Untuk mengontrol kebocoran air di wilayahnya, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, mengembangkan inovasi baru. Inovasi itu berupa instrumen kontrol menggunakan panel surya (solar cell). Selain efisien, penggunaan panel surya ini dinilai lebih ramah lingkungan.

BACA JUGA :  Sambangi Trucuk, Kapolres Bojonegoro Titip Pesan ke Polsek

Dikatakan, penggunaan solar cell merupakan salah satu inovasi dari instrumen kontrol di bagian kehilangan air sebagai alternatif pengganti daya listrik. “Dengan ini, semoga kondisi SPAM bisa termonitor dan terkontrol dengan baik,” tuturnya.

Disebutkan, sebanyak 19 solar cell Critical Point Distric Meter Area (DMA), 30 solar cell Meter induk DMA dan 17 solar cell Reservoir atau tandon air yang tersebar di berbagai lokasi. Pihaknya berharap masyarakat turut serta menjaga aset kami yang ada di lingkungan sekitar, karena pemanfaatannya untuk kebaikan bersama.

Sementara itu, Asmen Instrument Control -SCADA Tugu Tirta, Gigih Yuli Asmara ST, menambahkan, untuk logger DMA yang sebelumnya menggunkan baterai lithium, saat ini sudah dikombinasi. “Ada yang menggunakan solar dan baterai. Ini untuk kebutuhan pemantauan tekanan dan debit air secara online. Juga kita pasang di beberapa lokasi tandon air sebagai backup power alat kontrol dan sensor bila PLN padam,” imbuhnya.

Dengan begitu, petugas tetap bisa memantau level air, status pompa dan ops pompa. Selain itu, ada juga yang dipasang sebagai daya power utama alat kontrol selenoid valve, karena di lokasi tidak terpasang listrik.

Gigih, berharap semua pihak berpartisipasi aktif dalam menjaga aset-aset Tugu Tirta yang tersebar di sejumlah lokasi dan banyak terpasang di seluruh layanan. Untuk mencegah adanya perbuatan-perbuatan yang tidak diinginkan. (ris)