Komisi E DPRD Jatim Apresiasi Penyaluran Bansos di Sidoarjo

Reporter : Satria Nugraha - klikjatim.com

Anggota DPRD Jatim, Adam Rusyadi, saat melihat pendataan penerima JPS bagi masyarakat di Sidoarjo. (ist)

KLIKJATIM.Com | Sidoarjo—Komisi E DPRD Jatim mengapresiasi penyaluran bantuan sosial (bansos) jaringan pengaman sosial (JPS) dari Pemprov Jatim di Kabupaten Sidoarjo. Senin (15/6/2020) anggota Komisi E DPRD Jatim, Adam Rusyadi memantau langsung kantor Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo sebagai basis data penyaluran bantuan.

“Kami ke sini ingin memastikan bahwa bantuan JPS dari Pemprov Jatim tepat sasaran,” ujar Adam Rusyadi saat ditemui Sekertaris Dinsos Kabupaten Sidoarjo, Ahmad Misbah, dan diampingi jajaran Dinsos Pemprov Jatim.

BACA JUGA :  Pacaran Hingga 'Main Kuda-kudaan', Siswa SMA di Nganjuk Dipolisikan Bapak Pacarnya

Adam mengapresiasi Dinsos Sidoarjo yang berhasil menyalurkan bantuan sosial JPS dari pemprov dengan baik. Adam yang juga politisi asal Fraksi Golkar ini mengakui sempat ada laporan terkait kendala data penerima bansos. Namun permasalahan data tersebut dapat diselesaikan dengan baik antara pihak Pemkab Sidoarjo dan pemerintah desa.

“Oleh karena itu, ke depannya Pemkab Sidoarjo dan pemerintah desa untuk terus bersinergi memperbaiki data kesehatan dan masyarakat miskin di desanya masing–masing, sehingga saat bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi bisa tepat sasaran” tuturnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, disiplin menjaga jarak, serta rajin cuci tangan. Hal dilakukan untuk memutus rantai covid-19 di di Jatim.

Sekertaris Dinsos Kabupaten Sidoarjo, Ahmad Misbah, mengatakan Kabupaten Sidoarjo mendapatkan bantuan JPS dari Pemprov Jatim ini sebanyak 65 ribu penerima saat masa pandemi covid-19. Dan bantuan JPS dari Pemprov Jatim ini sudah tersalurkan 80 persen untuk tahap pertama ke masyarakat Sidoarjo, sisanya akan diselesaikan pada Rabu mendatang.

BACA JUGA :  Agus Sadullah Terpilih sebagai Ketua PSSI Malang, Janji Bangkitkan Metro FC

“Tahap pertama bantuan dari Pemprov Jatim ini sudah disalurkan melalui Bank Jatim, dan Pemkab Sidoarjo siap melaksanakan bantuan tahap kedua dari Pemprov Jatim,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain bantuan dari pemprov dan pemerintah pusat, Pemkab Sidoarjo juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat miskin di Sidoarjo melalui APBD Sidoarjo, yaitu sebanyak 135. 572 ribu kepada penerima bantuan buat masyarakat Sidoarjo yaitu berupa sembako. (hen)