Klub Badminton Karyawan Smelting Jadi Ruang Penyaluran Hobi Sekaligus Olahraga Murah

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Klub Badminton PT Smelting (Dok)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Ada banyak klub penyalur hobi sekaligus penawar jenuh di lingkungan PT Smelting. Salah satu yang memiliki banyak anggota dan tergolong favorit adalah klub badminton alias bulu tangkis.

Klub Badminton ini diketuai seorang Engineer, yaitu Syafiul Nur Huda yang bergabung dengan smelter tembaga ini sejak 2,5 tahun lalu. la biasa dipanggil dengan sebutan Mas Piul.

Baca juga: Donor Darah PT Smelting Diikuti Karyawan dan Masyarakat

Piul mengaku telah menggemari olahraga yang menjadi andalan Indonesia di dunia ini sejak kecil. Sayang, ia tidak menyebutkan sejak usia berapa menekuni kesukaannya bermain badminton. Yang pasti, sebagai Ketua Klub Badminton, ia mengajak karyawan Smelting untuk giat olahraga supaya tubuh sehat. 

Menurutnya, olahraga ini merupakan cara murah berkeringat dan menjadi penawar jenuh dari rutinitas bekerja. Latihan rutin klub badminton ini biasanya dilaksanakan setiap Sabtu pagi.

“Namun karena ada beberapa karyawan yang kerja shift, memilih latihan di hari Selasa. Tempat latihannya di Bintang Sport, Segoromadu, Gresik,” beber Piul.

Tidak ada persyaratan khusus untuk mendaftar club badminton Smelting ini. Biasanya Piul mengumumkan di grup karyawan H-1 dari jadwal badminton.

“Bahkan kalau ada karyawan yang tidak punya raket akan kami pinjami,” ujar alumnus Politeknik Elektronika Energi Surabaya ini.

Anggota Klub Badminton Smelting saat ini memiliki 40 anggota. Namun, yang aktif sekitar 20 orang dikarenakan jadwal shift kantor.

Mas Piul menyatakan bahwa latihan ini masih berfokus pada latihan cari keringat, untuk sehat, dan untuk senang-senang saja. Belum terpikirkan untuk kegiatan kejuaraan, karena masing-masing karyawan sibuk bekerja juga.

“Selain itu, kegiatan di luar kantor seperti ini sangat penting untuk mencairkan suasana antar pekerja dan saling mengenal antar bagian di Smelting Saya sangat senang. melihat antusias karyawan dan kebersamaannya saat latihan badminton, kompak,” ujar pria yang hobi mengoleksi ikan koi ini.

Baca juga: Di Gresik Smelting Bantu Pemulihan 11 Persen Pasien TB

Sementara itu Section Manajer General Affairs PT Smelting Indra SW Junor mengatakan, keberadaan klub hobi di lingkungan Karyawan bisa membentuk solidaritas dan merekatkan hubungan baik antar karyawan. Sehingg pada satu sisi juga bisa meningkatkan kinerja saat jam kerja.

“Semua hobi, atau komunitas itu tidak masalah, yang penting tidak menggangu pekerjaan,” tuturnya.

Selain Klub Badminton, di lingkungan PT Smelting juga ada komunitas hobi lainnya, seperti Komunitas Karyawan Pencinta Alam Smelting (PAS) dan Pancingers Smelting. Kegiatan seperti ini bisa menyeimbangkan antara pekerjaan dan hobi. (yud)