Mahasiswa Tim KKNT 26 ITS Gelar Kegiatan Relawan Covid

Reporter : M Syahid Payapo - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Sejumlah Mahasiswa ITS yang tergabung dalam Tim KKNT 26 menggelar kegiatan program Relawan Covid (Recon) Indonesia yang diadakan oleh Kementrian dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia. Kegiatan yang berlangsung selama satu bulan dimulai sejak 24 Agustus 2020 dan berakhir padaa 24 September 2020. 

BACA JUGA :  Temperatur Mobil Baru Panas, Akhirnya Wuling Almaz Terbakar di Tol Gempol Pandaan

Kegiatan tersebut diikuti 11 mahasiswa ITS yang berdomisili Kota Madiun, dan sekitarnya. Mereka melakukan kegiatan KKN secara daring dengan target anggota karang taruna Desa Paniis (Jawa Barat) dan juga anggota karang taruna Desa Nganguk (Jawa Tengah). Dalam KKN yang mengangkat tema Shabar Karta ini, mereka melakukan sharing bersama mengenai kondisi desa. Itu dimulai dari perspektif kesehatan, ekonomi, hingga sosial masyarakatnya.

“Program ini bertujuan untuk memberi fasilitas benchmarking kepada kedua karang taruna tersebut, dengan harapan dapat saling memperoleh insight baru untuk menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada di sekitar desa di era pandemi Covid-19 ini,” kata Safa Mahar Dewi dari Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Tim KKNT 26 Recon Kemdik.

Dikatakan, program dilaksanakan dengan memanfaatkan platform Instagram, Whatsapp Group dan juga Google Meet sebagai media berkomunikasi dan penyaluran informasi. Kegiatan ini diawali dengan mempertemukan anggota karang taruna Desa Nganguk dan Desa Paniis dalam satu ruang publik. Setiap minggunya dilakukan penyampaian informasi yang disajikan dalam bentuk infografis seputar Covid-19. Selain melakukan penyampaian infografis, kelompok KKNT ITS 26 ini juga memanfaatkan platform Instagram (@kknt.its26) sebagai media perluasan informasi yang ada berupa video edukasi yang dibuat setiap minggunya.

“Program ini bukan hanya kami tujukan untuk memberi informasi seputar Covid-19 saja, namun kami sisipkan juga pencerdasan anggota karang taruna terhadap teknologi yang sedang hype di era sekarang ini, seperti tutorial menggunakan aplikasi Google Meet sebagai media berdiskusi salah satunya,” jelas Safa. (hen)