Kini Warga Gresik Bisa Tes Genose di RS Petrokimia Gresik

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Direktur Operasi Produksi PT Petrokimia Gresik Dygna Jatiningsih saat mencoba alat tes covid GeNose C19 yang kini dihadirkan di RS Petrokimia Gresik

KLIKJATIM.Com | Gresik – Pemeriksaan Layanan skrining virus Corona ( Covid-19 ) melalui embusan napas Genose C19  yang biasanya hanya dilaksanakan di bandara, pelabuhan  dan stasiun kini hadir di rumah sakit. Dan khusus bagi warga Gresik untuk skrining murah meriah ini bisa dijalani  di rumah sakit Petrokimia Gresik  Gresik.

BACA JUGA :  Bayi Malang Dibuang di Bak Sampah Perum Oma Menganti Gresik, Nyawanya Tak Tertolong

Rumah Sakit Petrokimia Gresik (RSPG) menjadi yang pertama menyediakan layanan tes Genose di Gresik. Alat pendeteksi Covid-19 melalui embusan nafas ini berlangsung sangat cepat.

Pemeriksaan 3 menit kemudian hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk menunggu hasil pemeriksaan GeNose. Kepala Instalasi Medical Check Up RSPG dr Cita Budiarti mengatakan, pasien hanya perlu menghembuskan nafas ke dalam balon.

Balon itu sudah tersambung ke dalam mesin. Kemudian diobservasi menggunakan komputer dan aplikasi. Tidak lama kemudian, keluar hasil observasi tes Genose c19.

“Untuk efektifitas hasil dari tes GeNose ini hanya berlangsung 1×24 jam,” terangnya, Senin (3/5/2021).

Yang perlu disiapkan ketika akan tes GeNose yakni tidak boleh merokok, puasa 30 menit sebelumnya dan dianjurkan tidak menggunakan parfum. “Dalam sehari bisa melakukan tes GeNose sebanyak 50-60 sampel,” terangnya. (ris)